Jokowi Pakai Jaket TNI Saat di Palu, Ini Kata Pengamat Militer

Minggu, 30 September 2018 - 16:17 WIB
Jokowi Pakai Jaket TNI Saat di Palu, Ini Kata Pengamat Militer
Jokowi Pakai Jaket TNI Saat di Palu, Ini Kata Pengamat Militer
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini sudah tiba di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Kedatangan Jokowi ke Ibu Kota Provinsi Sulteng ini untuk melihat langsung dan mengecek kondisi pascagempa dan tsunami yang menerjang Sulteng, Jumat (28/9/2018) petang lalu.

Ada yang menarik dari kunjungan Jokowi dan rombongan. Saat tiba di Kota Palu, orang nomor satu di Republik ini terlihat gagah mengenakan jaket TNI.

Menurut Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Kertopati, jaket loreng TNI yang dikenakan Presiden Jokowi merupakan bentuk penghargaan presiden kepada institusi TNI dalam aksi cepatnya menanggulanggi bencana di Palu dan Donggala. Bagi seorang presiden adalah hak prerogatif untuk mengenakan seragam militer pada saat tertentu sebagaimana ketentuan internasional di negara manapun juga di dunia.

“Presiden negara lain juga banyak yang mengenakan jaket militer seragam pasukan negaranya. Bahkan ada juga yang mengenakan seragam militer lengkap dengan atribut dan tanda pangkat,” ujar perempuan yang akrab disapa Nuning ini.

Kali ini presiden mengenakan jaket TNI untuk kedua kalinya. Sebelumnya ketika meninjau gelar pasukan TNI di Kepulauan Natuna, Presiden Jokowi juga mengenakan jaket layar TNI AL.

“Oleh karenanya pemakaian jaket TNI oleh Presiden TNI tidak bermakna lain kecuali memberi apresiasi dan semangat kepada Prajurit TNI yang sedang bertugas,” tandas Nuning.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4856 seconds (0.1#10.140)