alexametrics

Jawab Tantangan Jokowi, KIPIN ATM 2.0 Diluncurkan

loading...
Jawab Tantangan Jokowi, KIPIN ATM 2.0 Diluncurkan
Presiden Direktur PT Gratika, Mulyanta, (kiri) saat meluncurkan mesin EduTech KIPIN ATM di acara seminar Guru TIK se-Indonesia di Gedung Guru PGRI, Jakarta, beberapa waktu lalu.Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Gratika bersama Pendidikan.id meluncurkan inovasi dalam bidang pendidikan berupa teknologi EduTech yang dinamakan ‘KIPIN ATM 2.0’ dalam ajang pameran GESS Indonesia di Jakarta Covention Center (JCC).

Direktur Utama PT Gratika, Mulyanta, mengatakan, KIPIN ATM 2.0 ini sekaligus menjawab pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan bahwa bertahun-tahun pendidikan Indonesia tanpa inovasi besar. Sehingga  menyebabkan masih buruknya akses pendidikan di daerah pedalaman.



“Kini, dengan hadirnya KIPIN ATM sebagai revolusi baru dalam dunia pendidikan, diharapkan anak Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik,” kata Mulyanta, kepada pers di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

KIPIN ATM 2.0 merupakan sebuah kios pintar digital yang berbentuk mirip dengan mesin ATM, berisi ribuan Buku Pelajaran Sekolah (K13-Kemendikbud), 1000+ Video Pembelajaran (K13), 17.000+ soal Tryout (berbasis UNBK) dan 150+ Komik Literasi untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Sementara itu, CEO Pendidikan.id, Santoso Suratso, mengatakan, KIPIN ATM 2.0 dapat membantu pelajar dalam memperoleh materi pelajaran lengkap agar dapat belajar secara mandiri dengan cara yang modern dan menyenangkan.

“Teknologi digital ini diyakini dapat membantu proses belajar anak karena memiliki metode belajar ganda. Dimana belajar bukan hanya membaca buku namun juga dikuatkan dengan video belajar yang diharapkan dapat menstimulasi penyerapan materi secara maksimal,” kata Santoso.

Selain itu, kata Santoso, KIPIN ATM 2.0 juga dilengkapi dengan fitur Tryout (paket soal) agar setiap anak dapat berlatih test soal secara intensif sehingga memberi kepercayaan diri untuk menghadapi ulangan atau ujian di sekolah.

“Agar tidak bosan dan terus semangat belajar, anak-anak juga dapat membaca komik literasi yang menghibur namun juga berbasis pendidikan moral, budi pekerti, kesehatan dan pengetahuan umum,” kata Santoso.

Santoso mengatakan, keunggulan KIPIN ATM 2.0 ini ialah sudah dilengkapi dengan jaringan WIFI yang dinamakan ‘eduSPOT’ dimana semua data (materi pelajaran) yang ada di dalam KIPIN ATM bisa diunduh  ke device pengguna tanpa membutuhkan pulsa atau kuota internet alias gratis 100%.

“Mesin ini adalah suatu terobosan besar untuk Pendidikan Indonesia yang sudah ditunggu-tunggu oleh 50 juta siswa dan 3 juta guru di seluruh Indonesia.  Bisa dibayangkan jika materi pelajaran lengkap sudah bisa diperoleh gratis di seluruh Indonesia, maka kemampuan pelajar Indonesia akan meningkat sehingga dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya,” kata Santoso.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak