Ini Dia Potensi yang Bisa Digali di Tahun 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 13:03 WIB
Ini Dia Potensi yang Bisa Digali di Tahun 2018
Ini Dia Potensi yang Bisa Digali di Tahun 2018
A A A
JAKARTA - Inovasi dalam dunia bisnis memang tidak akan ada habisnya. Setiap saat, ada saja para pebisnis yang hadir dengan ide bisnis cemerlang. Namun, tidak semuanya dapat bertahan lama. Beberapa di antaranya harus tutup karena kurang bisa melihat peluang bisnis dengan tepat.

Untuk itu jika berencana membangun suatu usaha, berikut ini beberapa jenis usaha yang memiliki peluang besar dan tumbuh pesat sepanjang tahun 2018.

1. Layanan e-commerce

Meningkatnya layanan e-commerce di Indonesia tidak terlepas dari berkembang pesatnya penetrasi internet di Indonesia. Menurut laporan dari Tetra Pax Index tahun 2017 saja, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132 juta.

2. Fintech

Fintech atau financial technology merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dengan memanfaatkan teknologi di belakangnya. Banyaknya inovasi serta kemajuan di bidang keuangan ini juga yang membuat fintech berkembang cukup pesat di Indonesia. Contohnya, kemunculan jenis pembayaran non tunai di masyarakat juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang tertarik dengan bisnis ini.

3. Coffee shop

Tidak hanya di Indonesia, rupanya peningkatan konsumsi kopi memang terdapat peningkatan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, rata-rata pertumbuhan konsumsi produk kopi meningkat lebih dari 7 persen per tahunnya.

Tidak mengherankan apabila banyak pengusaha yang membuka bisnis coffee shop di berbagai tempat, khususnya di Jakarta. Dilansir dari Financial Times , setidaknya dalam lima tahun terakhir jumlah coffee shop di Indonesia meningkat dua kali lipat.

4. Industri kreatif

Cakupan industri kreatif di Indonesia boleh dibilang cukup luas. Industri kreatif bisa meliputi bisnis UKM, fashion, film, kesenian, kuliner, dunia hiburan, hingga kerajinan tangan. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa industri kreatif merupakan penyumbang terbesar pemasukan negara. Sebagai contoh, hingga tahun 2017 total nilai ekspor khusus untuk industri kreatif mencapai Rp852 triliun.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5854 seconds (0.1#10.140)