Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Kembali Dibuka, Berikut Syarat dan Linknya

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:29 WIB
loading...
Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Kembali Dibuka, Berikut Syarat dan Linknya
Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kemenhub kembali melaksanakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut untuk tahun 2024, berikut cara daftar dan linknya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) kembali melaksanakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut untuk tahun 2024. Pendaftaran mulai dibuka sejak 13 Maret - 7 April mendatang melalui https://mudikgratis.dephub.go.id/.



Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antoni Arif Priadi mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri serta mengurangi penggunaan kendaraan roda dua di jalan raya.

"Kami berharap program ini dapat memberikan kemudahan bagi pemudik dalam merayakan momen penting bersama keluarga tanpa harus merasa khawatir akan biaya dan kenyamanan perjalanan," ujar Antoni dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).



Pada tahun ini, Kemenhub menyediakan total kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor, program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan. Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada tanggal 5 dan 7 April, sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 April 2024.

"Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya," kata Antoni.

Berikut persyaratan pendaftaran mudik gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut:

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK

2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor

3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara

4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:

- Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok – Jakarta Utara
- Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).

5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)