5 Fakta Presiden Amerika dengan Masa Jabatan Terlama, Franklin D. Roosevelt

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:40 WIB
loading...
5 Fakta Presiden Amerika dengan Masa Jabatan Terlama, Franklin D. Roosevelt
Franklin D. Roosevelt menjadi presiden terlama di AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika dengan masa jabatan terlama dipegang oleh Franklin D. Roosevelt, dimana dirinya berhasil menjabat selama lebih dari dua periode masa jabatan.

Franklin D. Roosevelt (FDR) mulai menjabat sebagai Presiden AS pada 4 Maret 1933. Setelah itu dirinya kembali dipercaya untuk menduduki jabatan tersebut selama tiga masa jabatan penuh serta tiga bulan pertama masa jabatan keempat hingga kematiannya pada 12 April 1945.

Hal tersebut membuatnya menjadi Presiden Amerika yang paling lama menjabat dengan jangka waktu lebih dari tiga periode.

Dilansir dari The Conversation, Pada akhirnya batasan lama seseorang dapat menjadi presiden saat ini berasal dari Amandemen ke-22, yang ditambahkan ke dalam Konstitusi AS pada tahun 1951, yang membatasi presiden untuk dua kali pemilihan presiden yang berhasil.

5 Fakta Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt

1. Berasal dari Keluarga Kaya

Roosevelt lahir di Hyde Park, New York, pada tanggal 30 Januari 1882. Orang tuanya, James dan Sara Delano , keduanya berasal dari keluarga kaya.

Pendidikan awal Roosevelt diberikan oleh orang tuanya dan guru privatnya. Selama masa sekolah menengahnya, dia bersekolah di Groton School yang bergengsi di Massachusetts. Dia mendaftar di Universitas Harvard pada tahun 1900 dan menerima gelar Bachelor of Arts dalam bidang sejarah tiga tahun kemudian.

Selanjutnya, Roosevelt bersekolah di Columbia Law School dari tahun 1904-1907 tetapi tidak lulus. Sebaliknya, dia mengikuti Ujian Pengacara Negara Bagian New York, lulus, dan mulai berpraktik hukum tanpa gelar sarjana hukum.

2. Memulai Karier Sebagai Pegawai Negeri

Roosevelt memulai hidupnya sebagai pegawai negeri pada tahun 1910 ketika ia terpilih menjadi anggota Senat Negara Bagian New York. Ini adalah pertama kalinya Roosevelt mencalonkan diri untuk jabatan publik.

Roosevelt terpilih kembali menjadi Senat New York pada tahun 1912, dan dia memberikan dukungannya kepada calon presiden saat itu, Woodrow Wilson. Setelah Wilson terpilih, dia menunjuk Roosevelt sebagai Asisten Sekretaris Angkatan Laut. Roosevelt memegang posisi ini selama tujuh tahun.

Pada tahun 1920, Roosevelt menjadi calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Dia mendapatkan tiket dengan James Cox. Mereka akhirnya kalah, dan Roosevelt kembali memasuki kehidupan pribadinya dan mengerjakan banyak usaha bisnis.


3. FDR Selalu Menang Telak dalam Pemilu

Dilansir dari History, selama pemilihan presiden pertamanya pada tahun 1932, FDR mampu mengalahkan Herbert Hoover dengan penghitungan suara elektoral 472-59.

FDR lantas mengalahkan Gubernur Kansas Alf Landon pada tahun 1936 (523 suara elektoral berbanding delapan), pengusaha Wendell Willkie pada tahun 1940 (449 suara elektoral berbanding 82) dan Gubernur New York Thomas Dewey pada tahun 1944 (432 suara elektoral berbanding 99).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)