Apakah Aman Konsumsi Kopi saat Sahur? Ini Penjelasannya

Kamis, 14 Maret 2024 - 09:22 WIB
loading...
Apakah Aman Konsumsi Kopi saat Sahur? Ini Penjelasannya
Konsumsi kopi saat sahur tidak dianjurkan untuk dilakukan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah aman konsumsi kopi ketika sahur? Pertanyaan sejenis ini cukup sering muncul ketika bulan Ramadan, khususnya bagi pecinta kopi yang rasanya sangat sulit untuk tidak ngopi selama seharian penuh.

Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Beberapa orang bahkan bisa menghabiskan lebih dari 3 gelas kopi per hari.

Namun, rutinitas minum kopi tersebut sepertinya tidak bisa dilakukan pada bulan Ramadan. Bukan hanya karena waktunya yang terbatas, namun juga mempertimbangkan aspek-aspek lain ketika sedang berpuasa.



Lalu, apakah seseorang bisa mengkonsumsi kopi saat sahur? Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2024).

Amankah Konsumsi Kopi saat Sahur?

Konsumsi kopi saat sahur tidak dianjurkan untuk dilakukan. Dalam hal ini, sejumlah pakar atau ahli tak menyarankan minum kopi ketika sahur, termasuk bagi Anda yang mungkin sudah kecanduan minuman tersebut.

Mengutip laman Ners Unair, kopi bersifat diuretik atau mengeluarkan cairan dari tubuh. Alhasil, mengonsumsinya saat sahur dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi ketika menjalani puasa.

Senada dengan pendapat di atas, Dokter Spesialis Gizi, dr. Raissa E. Djuanda menyebutkan bahwa konsumsi kopi saat sahur bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Terlebih, tubuh juga akan kurang cairan ketika sedang berpuasa.

"Karena kopi ini sifatnya diuretik menyebabkan lebih banyak buang air kecil. Biasanya tubuh akan kurang cairan, ini sulit kalau sedang berpuasa," kata dokter spesialis gizi Raissa E Djuanda dalam sebuah diskusi via daring seperti dikutip dari Antara.

Selain sifatnya yang diuretik, konsumsi kopi saat sahur juga memiliki efek lain. Rasa kopi yang kental di mulut dapat membuat Anda cepat haus, sehingga memang tidak dianjurkan dilakukan saat sahur.



Jika sangat sulit meninggalkan kebiasaan minum kopi, Anda bisa mengonsumsinya setelah berbuka puasa. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi kopi harus dilakukan setelah makan besar dan tidak berlebihan.

Selain itu, pastikan juga waktunya sekitar dua jam atau lebih setelah Anda menyantap makanan buka puasa. Kemudian, usahakan jangan meminumnya terlalu dekat dengan jam tidur. Apabila mengonsumsi kopi terlalu malam, dikhawatirkan efeknya bisa mengganggu siklus tidur. Alhasil, tidur pun menjadi tidak nyenyak atau bahkan tidak mengantuk.

Jadi, bisa dipahami bahwa konsumsi kopi saat sahur tidak dianjurkan untuk dilakukan karena melihat efeknya yang berpotensi membuat dehidrasi ketika puasa. Sebagai ganti, Anda bisa tetap ngopi setelah berbuka puasa dengan memperhatikan waktu dan jumlahnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)