alexametrics

Kepala Daerah Pendukung Jokowi Hadapi Risiko Jika Jagonya Kalah

loading...
Kepala Daerah Pendukung Jokowi Hadapi Risiko Jika Jagonya Kalah
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A+ A-
JAKARTA - Dukungan sejumlah kepala daerah di Sumatera Barat kepada Joko Widodo (Jokowi) dinilai memiliki risiko politik yang cukup besar.

Direktur Eksekutif Vox Pol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, risiko politik itu datang bila Jokowi tak memenangi Pilpres 2019.

"Ingat, yang medukung Jokowi beramai-ramai, mereka juga punya risiko yang nggak main-main. Oke kalau Jokowi menang, merasa aman, namun kalau Prabowo yang menang?" kata Pangi kepada SINDOnews, Kamis (20/9/2018).

Pangi menduga, fenomena berbondong-bondongnya kepala daerah dan mantan kepala daerah mendukung incumbent karena dalam kondisi ditekan. Sebab, kata Pangi, para kepala daerah dan mantan kepala daerah butuh sabuk pengamanan diri dari jeratan hukum rezim berkuasa.

"Jadi ada kepentingan di balik ini semua. Dugaan kan boleh saja melihat fenomena berbondong-bondongnya dukungan itu. Apakah betul mantan kepala daerah bersih? Menggapa harus koar-koar mendukung Jokowi," kata Pangi.

Lebih lanjut, Pangi menilai dukungan kepala daerah sedianya dilakukan secara diam-diam tanpa publikasi. "Dukungan dengan operasi senyap dan diam-diam justru lebih paten dan bagus ketimbang mendukung dengan koar-koar," kata Pangi.
(pur)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak