7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa, Jangan Langsung Tidur setelah Sahur

Rabu, 13 Maret 2024 - 21:10 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa, Jangan Langsung Tidur setelah Sahur
Asam lambung naik atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) seringkali menjadi masalah yang dialami beberapa orang saat berpuasa, terutama pada bulan Ramadan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Asam lambung naik atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) seringkali menjadi masalah yang dialami oleh beberapa orang saat berpuasa , terutama pada bulan Ramadan. Beberapa faktor dapat menyebabkan asam lambung naik selama puasa.

Termasuk perubahan pola makan, waktu makan yang terbatas, dan konsumsi makanan tertentu. Agar puasa tetap nyaman, penting bagi penderita asam lambung untuk mengetahui cara mengatasi kondisi ini.

Hal tersebut sebagai bentuk pencegahan atau mengurangi risiko. Selain itu, jika Anda mengalami masalah yang serius dengan asam lambung naik, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan pengelolaan yang tepat saat puasa.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa



Berikut adalah beberapa cara mengatasi asam lambung naik saat puasa dilansir dari Health Line, Rabu (13/3/2024).



1. Hindari Makanan Berlemak dan Pedas


Makanan berlemak dan pedas cenderung meningkatkan produksi asam lambung. Cobalah untuk menghindari makanan ini, terutama saat sahur atau berbuka.

2. Porsi Kecil dan Makan Perlahan


Makanlah dalam porsi kecil dan kunyah makanan dengan perlahan. Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu, karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada lambung dan memicu refluks asam.

3. Hindari Minuman Berkafein


Minuman seperti kopi, teh, dan minuman bersoda berkafein dapat merangsang produksi asam lambung. Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman ini saat berpuasa.

7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa, Jangan Langsung Tidur setelah Sahur

Foto/Infografis SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)