Menko PMK Prediksi Pemudik Lebaran 2024 Meningkat Sekitar 25%

Rabu, 13 Maret 2024 - 17:05 WIB
loading...
Menko PMK Prediksi Pemudik Lebaran 2024 Meningkat Sekitar 25%
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy memprediksi pemudik pada libur Lebaran tahun 2024 akan meningkat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) , Muhadjir Effendy memprediksi pemudik pada libur Lebaran tahun 2024 akan meningkat. Hal ini melihat tren pemudik yang meningkat setiap tahunnya.

Apalagi, kata Muhadjir, bahwa tahun 2024 kali ini sudah tidak ada pembatasan seperti tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. “Memang jumlah pemudik bisa dipastikan jauh lebih besar dibanding tahun lalu, karena sekarang kan sudah semakin terbuka, tidak ada lagi pembatasan-pembatasan,” ujar Muhadjir usai Rapat Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

“Belum, belum (ada estimasi lonjakan), biasanya rata-rata di atas sekitar 25 persen,” tambahnya.

Muhadjir pun mengatakan bahwa saat ini belum mendapatkan update khususnya hasil survei jumlah pemudik yang biasa dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka persiapan mudik Lebaran.

“Saya belum mendapatkan, biasanya yg melakukan survei pak Menteri Perhubungan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Muhadjir memastikan dalam dua hari yang akan datang akan melakukan koordinasi dengan kementerian terkait, TNI, Polri untuk persiapan mudik tahun ini.



“Nanti dalam satu dua hari ini saya akan koordinasi dengan kementerian, terutama yang terkait itu Kementerian Perhubungan dan TNI-Polri untuk memastikan mudah-mudahan penanganan mudik tahun ini tidak beda dengan tahun lalu yang tingkat kepuasan publiknya cukup besar yaitu sampai 90 persen,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)