Genosida Israel Menimbulkan Bencana Lingkungan dan Iklim

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:57 WIB
loading...
Genosida Israel Menimbulkan Bencana Lingkungan dan Iklim
Lebih dari 99 persen dari 281.000 metrik ton karbon dioksida yang diperkirakan dihasilkan selama 2 bulan terakhir disebabkan oleh pemboman udara dan invasi darat Israel ke Gaza. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Suasana terasa berat ketika jalan-jalan di Gaza yang tadinya ramai kini dipenuhi dengan puing-puing bangunan yang hancur.Kondisi tersebutmenjadi saksi perang genosida rezim Israel .

Sejauh mata memandang, puing-puing berserakan di mana-mana, memenuhi jalan-jalan dan gang-gang yang tandus. Orang-orang memilah-milah puing untuk mencari bagian dari kehidupan mereka sebelumnya.

Perang Israel di Gaza, yang kini memasuki bulan keenam, telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina dan melukai hampir 72.500 lainnya. Banyak lagi orang yang dikhawatirkan tewas masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang runtuh.

Selain banyaknya korban jiwa dalam perang mematikan tersebut, bencana lingkungan juga terjadi di wilayah yang diblokade tersebut, yang dipicu oleh pemboman tanpa pandang bulu dan pengepungan yang melumpuhkan selama lebih dari lima bulan.



Para ahli telah memperingatkan bahwa warga Palestina yang tinggal di Gaza, jika mereka bertahan hidup, akan menghadapi wilayah yang “tidak dapat dihuni” selama beberapa dekade mendatang karena dampak mematikan dari perang yang sedang berlangsung.

Mulai dari udara yang dipenuhi asap hingga kontaminasi jangka panjang terhadap air tanah dengan limbah berbahaya, dan puing-puing beracun yang meracuni tanah yang menjadi rumah bagi warga Palestina. Dampak dari lonjakan tingkat polusi yang mengerikan ini sangat besar dan saling terkait dengan krisis kemanusiaan yang semakin parah di wilayah tersebut.

Dengan latar belakang ini, Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) telah mulai menilai dampak buruk terhadap lingkungan akibat perang genosida yang sedang berlangsung di Gaza.

Bulan lalu, pada sesi keenam Majelis Lingkungan Hidup PBB di Nairobi, Direktur Eksekutif UNEP Inger Andersen mengatakan, atas permintaan resmi dari pemerintah Palestina, badan PBB tersebut akan melakukan penilaian terhadap dampak lingkungan akibat perang di Gaza.

“Tujuan dari penilaian tersebut adalah untuk melacak tingkat kerusakan dan menginformasikan pendekatan berbasis ilmu pengetahuan untuk pemulihan dan rekonstruksi ketika kondisi memungkinkan,” kata Andersen, mendesak diakhirinya perang untuk mengatasi dampak buruk perang yang menghancurkan terhadap lingkungan.



Bagaimana perang berkontribusi terhadap polusi puing-puing beracun?

PressTV mencatat Israel telah menjatuhkan 600-750 ton bom per hari di Gaza, atau antara 95.000 dan 115.000 ton sejak awal perang pada tanggal 7 Oktober, menghancurkan lebih dari 70 persen infrastruktur sipil, termasuk rumah, rumah sakit dan sekolah.

Daerah pemukiman yang padat penduduk di wilayah tersebut dan pemboman besar-besaran yang dilakukan Israel berarti sejumlah besar bahan yang digunakan untuk membuat bangunan-bangunan ini tergeletak di jalanan dan tidak dapat dibuang dengan aman karena ketakutan akan serangan udara Israel yang tiada henti.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan dalam sebuah laporan pekan lalu bahwa 22,9 juta ton puing dihasilkan akibat penghancuran properti, terutama unit perumahan.

Badan PBB tersebut memperkirakan bahwa diperlukan waktu sekitar delapan tahun untuk membersihkan puing-puing tersebut, mengingat kapasitas yang ada di wilayah yang diblokade dan dilanda perang tersebut.

Doug Weir, direktur Observatorium Konflik dan Lingkungan, sebuah badan penelitian independen yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa sejumlah besar puing dan limbah menghalangi sistem pembuangan limbah di wilayah tersebut.

“[Penyumbatan saluran pembuangan] akan menyebabkan lebih banyak genangan air, yang juga menimbulkan risiko terhadap kesehatan manusia akibat penyakit menular dari air limbah yang bercampur dengan air hujan,” Weir memperingatkan.



Studi juga menunjukkan bahwa puing-puing dari bangunan yang rusak mengandung bahan berbahaya seperti asbes, semen, logam berat, bahan kimia rumah tangga, dan produk pembakaran. Bahan bangunan aman dalam keadaan inert, namun ketika dihancurkan akan melepaskan kandungan beracun.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3208 seconds (0.1#10.140)