Awas Jangan Tidur setelah Sahur, 4 Bahaya Ini Mengintai

Selasa, 12 Maret 2024 - 22:55 WIB
loading...
Awas Jangan Tidur setelah Sahur, 4 Bahaya Ini Mengintai
Tidur setelah sahur dapat memiliki beberapa dampak potensial pada kesehatan. Terutama jika tidak dilakukan dengan bijak sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Tidur setelah sahur dapat memiliki beberapa dampak potensial pada kesehatan. Terutama jika tidak dilakukan dengan bijak sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele.

Tidur setelah sahur sendiri telah menjadi kebiasaan sebagian orang yang umum dilakukan selama bulan Ramadan. Terutama bagi mereka yang bangun untuk makan sahur sebelum waktu imsak atau waktu untuk memulai puasa.

“Di dalam medis sebenarnya, langsung tidur setelah makan sahur maupun berbuka itu tidak baik untuk kesehatan kita,” kata dr Andi dikutip dari YouTube Dokter Andi Official, Selasa (12/3/2024).

Bahaya Tidur setelah Sahur



Berikut bahaya yang perlu diwaspadai akibat tidur setelah sahur.



1. Gangguan Tidur


Ketika langsung tidur setelah sahur, seseorang akan mengalami gangguan tidur. Bisa jadi tidur terasa tidak nyenyak hingga akhirnya terbangun.

“Tidur jadi kurang nyenyak. Mengalami heartburn atau nyeri ulu hati yang bisa bikin terbangun,” jelasnya.

2. Gangguan Asam Lambung


Masalah kedua yakni gangguan asam lambung hingga mengalami mual, muntah, hingga nyeri pada ulu hati. Untuk itu, dr Andi menyarankan agar memberikan jeda beberapa jam setelah makan sebelum akhirnya tidur.

“Akan membuat gejala asam lambung semakin memburuk. Apalagi perut yang terlalu kenyang akan memudahkan asam lambung naik ke atas hingga ke kerongkongan pada saat kalian tertidur,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)