alexametrics

Ketua MPR Desak Kisruh DPT Ganda Segera Dituntaskan

loading...
Ketua MPR Desak Kisruh DPT Ganda Segera Dituntaskan
Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta persoalan DPT ganda segera dituntaskan. Foto/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - Ketua MPR Zulkifli Hasan mendesak permasalahan daftar pemilih tetap (DPT) ganda yang dilaporkan sebagian partai politik segera dituntaskan. Sebab, berlarutnya masalahnya dapat memengaruhi legitimasi pelaksanaan pemilu dan menimbulkan kesalahpahaman.
 
Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus melakukan pemantauan dan pengecekan DPT. Apalagi DPT merupakan perangkat penting untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.
 
“DPT saya minta segera diselesaikan, karena khawatir kalau tidak selesai, nanti bisa tidak legitimate. Bisa (terjadi) distrust (ketidakpercayaan masyarakat). Itu berbahaya,” kata Zulkifli usai mengisi kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Wisma Perdamaian Kota Semarang, Sabtu (15/9/2018).
 
Sekadar diketahui, koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melaporkan terdapat 6,8 juta nama pemilih yang diduga ganda dalam DPT. Jumlah ini jauh dari laporan sebelumnya yang sempat disampaikan mencapai 25 juta nama pemilih ganda. Kini KPU terus melakukan pencermatan untuk memperbaiki DPT.
 
“Mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa meski berbeda pendapat dan pilihan. Karena pemilu merupakan hal wajar yang dilakukan tiap lima tahun sekali,” pungkasnya. (Baca Juga: KPU Prediksi Jumlah Data Ganda dalam DPT Hanya 1-2 juta)
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak