alexametrics

Forum Indonesia Muda Cerdas Dukung Pemilu 2019 Damai

loading...
Forum Indonesia Muda Cerdas Dukung Pemilu 2019 Damai
Pertemuan Forum Indonesia Muda Cerdas (FIMD).Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Forum Indonesia Muda Cerdas (FIMD) mendukung terciptanya suasana damai, aman sejuk dan kondusif di Pilpres 2019 mendatang. FIMD yang terdiri dari perwakilan BEM/mahasiswa Perguruan Tinggi Jakarta-Banten serta perwakilan berbagai komunitas juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi milenia berperan aktif mengawasi penyelenggaraan pemilu serta menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

"Bersama-sama mari kita dukung dan mengawal pemerintah dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk tanpa ada konflik," ungkap Ketua FIMC, Asep Ubaidilah di Jakarta, Sabtu (15/8/2018).

Asep menilai pentingnya suara dari generasi milenial di Pilpres 2019 mendatang. Dia mengatakan generasi berusia 15-34 tahun tersebut memiliki jumlah populasi yang cukup besar di Indonesia, yakni 34,45%.

"Suara pemilih milenial dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU sekitar 34,2% dari total 152 juta pemilih dan keberadaannya kerap disebut bakal menentukan arah politik bangsa Indonesia ke depan," ujar terangnya.

Menurut dia, dalam konteks perilaku pemilih, kelompok milenial tergolong jenis pemilih rasional atau kritis. Meski demikian, dia melihat generasi milenial saat ini tidak selalu mendukung calon yang berasal dari generasi mereka. "Ada beberapa faktor terkait kapabilitas dan kecenderungan untuk lebih memilih incumbent yang berprestasi, serta tidak peduli berapapun usia calon pemimpin yang harus dipilih," terangnya.

Dia menegaskan, di Pilpres 2019 nanti, pola pikir kelompok milenial terkait partisipasi dalam menentukan pilihan dapat saja berubah dan tidak hanya bersikap apatis.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak