Konsumsi Ikan Bisa Bikin IQ Anak Lebih Tinggi, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Selasa, 12 Maret 2024 - 11:03 WIB
loading...
Konsumsi Ikan Bisa Bikin IQ Anak Lebih Tinggi, Baik Dikonsumsi Tiap Hari
Rutin mengkonsumsi ikan bisa meningkatkan kecerdasan anak. Foto/ wassupmate.
A A A
JAKARTA - Meningkatkan kecerdasan anak bukan hanya dari faktor eksternal saja, juga butuh faktor internal untuk menunjang kecerdasan anak. Salah satunya melalui makanan.

Dokter Spesialis Anak, dr. Harun Albar, SpA M.kes mengungkap bahwa rutin mengkonsumsi ikan bisa meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena ikan memiliki kandungan protein serta omega 3 yang tinggi.



“Rahasianya adalah makan ikan. Iya makan ikan tuh bikin anak cerdas karena ada kandungan protein, khususnya omega 3,” kata dr. Harun dikutip dari cuitannya dalam akun X @Harun_albar, Selasa (12/3/2024).

Dr. Harun menjelaskan adanya penelitian yang melibatkan 541 anak di China. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak yang gemar dan rutin makan ikan mendapatkan Intelligence Quotient (IQ) yang lebih tinggi lho.

IQ menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, serta bertindak. IQ sering kali dikaitkan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Sehingga semakin tinggi nilai IQ maka semakin cerdas pula dirinya.

“Berdasarkan penelitian terhadap 541 anak di China, anak-anak yang makan ikan setiap hari, IQ-nya lebih tinggi 5 poin dibandingkan anak-anak yang gak makan ikan,” ujarnya.

Berdasarkan rekomendasi para ahli, anak-anak sebaiknya mengkonsumsi ikan paling tidak dua sampai tiga porsi dalam satu minggu. Meski begitu, dr. Harun menyarankan para orang tua untuk memberikan ikan setiap hari kepada sang buah hati.

“Para ahli rekomendasiin anak-anak buat makan ikan 2-3 porsi per minggu. Tapi kalau menurut gw sih makan ikan tiap hari aja. Indonesia kan kaya jenis ikan,” jelasnya.



Orang tua pun bisa mengkreasikan menu makanan dari ikan agar si kecil tidak mudah bosan dan gemar mengkonsumsinya, seperti dengan mengolahnya dengan cara dibakar, rebus atau digoreng.

Jenis ikannya pun bisa diganti-ganti setiap harinya. Hal ini bertujuan agar anak memahami lebih banyak rasa dan tidak monoton mengkonsumsi jenis ikan yang sama setiap harinya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)