alexametrics

Fahri Hamzah Nilai Putusan MA Eks Koruptor Boleh Nyaleg Tepat

loading...
Fahri Hamzah Nilai Putusan MA Eks Koruptor Boleh Nyaleg Tepat
MA membolehkan mantan napi korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual menjadi bakal Caleg dianggap melegakan dan dinilai tepat oleh Fahri Hamzah. Foto/Rico Afrido Simanjuntak/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Keputusan Mahkamah Agung (MA) yang memperbolehkan mantan narapidana (Napi) kasus korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak menjadi bakal calon anggota legislatif (Caleg) dalam Pemilu 2019 dianggap melegakan dan dinilai tepat oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

"Tolong disebarkan berita (keputusan MA) itu, karena MA telah mengembalikan pengertian dan kesadaran kita tentang sesuatu yang benar. Bahwa KPU tidak boleh membuat norma, karena itu bukan merupakan tugas KPU," kata Fahri Hamzah dihubungi wartawan, Jumat (14/9/2018).

Karena menurut dia, pembuatan norma hanya dilakukan oleh DPR bersama presiden dalam pembuatan sebuah Undang-undang. Fahri Hamzah menambahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pelaksana teknis Undang-undang hanya membuat aturan yang sesuai dengan Undang-undang. (Baca juga: MA Putuskan Mantan Narapidana Korupsi Boleh Nyaleg)

Dia melanjutkan, KPU tidak boleh membuat aturan tambahan yang membuat norma dan lain-lain nya. "Jadi keputusan MA ini melegakan dan kepada KPU untuk segera merevisi PKPU nya yang sesuai dengan Undang-undang dan keputusan MA, serta MK sebelumnya," pungkas Legislator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Adapun keputusan MA itu sebagai jawaban dari gugatan sejumlah pihak terhadap Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif.
(poe,maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak