Dua Besar di Pileg, Bamsoet Puji Keberhasilan Golkar dan Airlangga di Pemilu 2024

Senin, 11 Maret 2024 - 18:17 WIB
loading...
Dua Besar di Pileg, Bamsoet Puji Keberhasilan Golkar dan Airlangga di Pemilu 2024
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi keberhasilan partai berlambang pohon beringin itu pada Pileg serta Pilpres 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi keberhasilan partai berlambang pohon beringin itu pada Pileg serta Pilpres 2024.

Partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu berhasil berada pada posisi dua besar perolehan kursi di DPR bersaing dengan PDIP berdasarkan hasil sementara rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Pileg 2024.

Sedangkan pada Pilpres 2024, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang diusung Partai Golkar berhasil mendapatkan suara terbanyak dibanding dua pasangan capres-cawapres lainnya.

"Keberhasilan Partai Golkar dalam meraih suara di pemilihan legislatif dan pemilihan presiden merupakan hasil kerja cerdas seluruh kader Partai Golkar di Indonesia, mulai dari ketua umum (Airlangga Hartarto, red) hingga akar rumput," kata Bamsoet usai menghadiri Rapat Pleno Partai Golkar di Jakarta, Minggu (10/3/2024).



"Ini juga membuktikan mesin partai dari tingkat kabupaten, provinsi, sampai pusat serta ormas pendiri dan yang didirikan, mampu bergerak secara masif dan solid dalam memenangkan Partai Golkar di seluruh daerah pemilihan," sambung Bamsoet yang juga sebagai Ketua MPR RI ini.

Hadir di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid, Ketua DPP Partai Golkar Meutya Viada Hafid, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily serta Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Maman Abdurrahman.

Bamsoet menjelaskan, tercatat 24 partai politik, termasuk 6 partai lokal, berkompetisi dalam Pemilu 2024. Sebanyak lebih dari 204 juta pemilih tersebar di 38 provinsi, 514 kabupaten/kota, 7.277 kecamatan, dan 83.771 desa.

Dari 18 partai nasional, 9 di antaranya telah mencapai ambang batas parlemen sebesar 4%, termasuk Partai Golkar. "Berdasarkan hasil sementara rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPU RI, dipastikan kursi Partai Golkar di DPR RI mengalami kenaikan," kata Bamsoet yang juga merupakan Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini.

"Pada Pemilu 2019, Partai Golkar memperoleh kursi DPR RI sebanyak 85 kursi. Pada Pemilu kali ini kursi Partai Golkar di DPR RI bisa melebihi 100 kursi. Dimana Partai Golkar mendominasi suara di 15 provinsi," tambah Bamsoet, Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Wakil Ketua Umum FKPPI, serta Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini.

Bamsoet mengungkapkan, saat ini Partai Golkar akan fokus dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Sejauh ini Partai Golkar sudah mengeluarkan 1.040 penugasan untuk Pilkada 2024. Mulai dari penugasan untuk bakal calon bupati hingga calon gubernur.

"Hasil Pileg 2024 akan menjadi salah satu acuan Partai Golkar untuk bertarung dalam Pilkada 2024. Termasuk memastikan kesiapan masing-masing calon yang akan diajukan untuk bertarung dalam Pilkada. Tentunya, Partai Golkar akan berusaha mengulangi kesuksesan meraih kemenangan di Pilkada, sesuai dengan keberhasilan dalam pemilihan legislatif Pemilu 2024," pungkas Bamsoet.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)