Aksi Demo Tolak Rekapitulasi Suara KPU Medan Diwarnai Kericuhan

Senin, 11 Maret 2024 - 17:36 WIB
loading...
Aksi Demo Tolak Rekapitulasi Suara KPU Medan Diwarnai Kericuhan
Massa gelar aksi demonstrasi menolak rekapitulasi KPU Medan yang diduga ada penggelembungan suara sehingga merugikan caleg dan partai tertentu. Foto/Ahmad Ridwan Nasution
A A A
MEDAN - Massa menggelar aksi demonstrasi menolak rekapitulasi KPU Medan yang diduga adanya penggelembungan suara sehingga merugikan caleg dan partai tertentu. Aliansi Rakyat Pemerhati Peduli Pemilu Sumatera Utara mendatangi lokasi rekapitulasi KPU Medan dan sempat terlibat saling dorong dan adu mulut dengan petugas kepolisian.

Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Pemerhati Peduli Pemilu Sumatera Utara menggelar aksi penolakan rekapitulasi suara KPU Medan di salah satu hotel di Jalan Sudirman, Medan.

Berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Kota Medan, harus dilakukan penghitungan suara di Kecamatan Medan Timur karena ditemukan ada dugaan penggelembungan suara dari salah satu partai.



Namun menurut masyarakat, KPU Kota Medan tidak melaksanakan rekomendasi dari Bawaslu dan tetap melanjutkan rekapitulasi. Hal ini dinilai merugikan calon anggota legislatif serta partai politik peserta pemilu.

Saat menggelar aksi demo, sempat terjadi adu mulut dan saling dorong dengan petugas kepolisian yang berjaga di pintu masuk. Surya Darmawan, Koordinator Aksi Demo, mengatakan pihaknya hanya ingin meminta kepada KPU agar bekerja dengan baik dan jujur.

“Kami minta KPU Medan tidak mencederai pemilu yang telah dilaksanakan,” kata Surya Darmawan. Sebelumnya sejumlah keributan juga terjadi di lokasi rekapitulasi ini yang dipicu dugaan penggelembungan suara kepada caleg atau partai lain.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2350 seconds (0.1#10.140)