alexametrics

Kemal E Gani Terpilih Jadi Ketua Forum Pemred

loading...
Kemal E Gani Terpilih Jadi Ketua Forum Pemred
Para peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) Forum Pemred berfoto bersama di Ruang Adam Malik, Wisma Antara, Jakarta, Kamis 13 September 2019. Foto/dok Forum Pemred
A+ A-
JAKARTA - Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred/FP) memiliki nakhoda baru. Pemimpin Redaksi Grup SWA, Kemal E Gani akhirnya terpilih sebagai ketua Forum Pemred periode 2018-2021.

Kemal E Gani menggantikan Suryopratomo, ketua Forum Pemred 2015-2018 yang telah habis masa jabatannya.

Kemal terpilih dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Ruang Adam Malik, Wisma Antara, Jakarta, Kamis 13 September 2019.

Pemilihan ketua Forum Pemred melalui voting sesuai keputusan rapat. Ini sejarah baru untuk Forum Pemred karena sebelumnya pemilihan ketua selalu melalui musyawarah.

Sebelum Suryopratomo (Direktur Metro TV), Forum Pemred yang didirikan pada 2012 pernah dipimpin Wahyu Muryadi (Pemred Tempo TV) dan Nurjaman Mochtar (saat itu Pemred SCTV/Indosiar).

RAT yang dihadiri 38 anggota mengagendakan dua hal. Pertama, pertanggungjawaban pengurus Forum Pemred 2015-2018. Kedua, pemilihan ketua periode 2018-2021.

Dalam sidang yang dipimpin Nasihin Masha (Republika), Ardian T Gesuri (Kontan), dan Ratna Susilowati (Rakyat Merdeka), forum menyetujui pertanggungjawaban pengurus Forum Pemred 2015-2018 yang dibacakan Suryopratomo.

Dalam agenda pemilihan ketua, sidang menyaring beberapa nama anggota untuk dicalonkan sebagai ketua Forum Pemred. Dalam penjaringan pertama, terpilih 12 orang untuk dicalonkan, yaitu Wahyu Muryadi (Pemred Tempo TV), Ridwan Dalimunthe (Direktur Pemberitaan detikcom), Timbo Siahaan (Pemred JakTV), Arifin Asydhad (Pemred Kumparan), Kemal E Gani (Pemred Grup SWA), M Ihsan (Pemred Warta Ekonomi), Budiman Tanuredjo (Pemred Harian Kompas), Titin Rosmasari (Direktur CNN Indonesia), Primus Dorimulu (Pemred Suara Pembaruan/Beritasatu.com), Heddy Lugito (Wakil Pemimpin Umum Gatra), Meidyatama (Dirut LKBN Antara), dan Rikard Bagun (Direktur Kompas TV).

Karena Wahyu Muryadi, Arifin Asydhad, Budiman Tanuredjo, Titin Rosmasari, Primus Dorimulu, Heddy Lugito, dan Rikard Bagun tidak bersedia menjadi calon ketua FP, maka hanya empat kandidat yang masuk tahap voting.

Sesuai Anggaran Dasar, calon yang mendapat suara lebih dari setengah jumlah anggota yang hadir, akan terpilih sebagai ketua. Dalam voting, Kemal meraih 22 suara, mengungguli Meidyatama (7 suara), Timbo Siahaan (6 suara), dan M Ihsan (3 suara).

Akhirnya pimpinan sidang mengetok palu mengesahkan Kemal sebagai ketua Forum Pemred periode 2018-2021. Selanjutnya Kemal diminta untuk menyusun kepengurusan baru paling lambat dua minggu, termasuk menentukan Dewan Penasihat dan Dewan Pengawas.

Kemal yang berhalangan hadir di RAT karena sedang berada di London menyampaikan surat kesediaan dipilih sebagai calon ketua melalui surat bermaterai. Oleh Forum, surat kesediaan Kemal diputuskan sah dan tidak menggugurkannya sebagai calon ketua.

Seusai terpilih, Kemal menyampaikan pidato singkat melalui video call. Kemal menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan para anggota Forum Pemred.

ā€œInsya Allah kami dan teman-teman dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, dan insya Allah kita bersama-sama di FP dapat berkontribusi lebih baik dan efektif lagi untuk masyarakat, bangsa dan negara,ā€ tutur Kemal.

Mengakhiri rapat, para anggota forum memanjatkan doa bersama dengan dipimpin Irfan Junaidi (Pemred Republika). Setelah itu dilakukan foto bersama para anggota Forum Pemred.

Para peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) Forum Pemred berfoto bersama di Ruang Adam Malik, Wisma Antara, Jakarta, Kamis 13 September 2019. Foto/dok Forum Pemred
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak