Ukraina Lontarkan Warning Tak Menyenangkan ke NATO atas Ancaman Rusia

Senin, 11 Maret 2024 - 09:49 WIB
loading...
Ukraina Lontarkan Warning Tak Menyenangkan ke NATO atas Ancaman Rusia
Ukraina lontarkan peringatan tidak menyenangkan kepada NATO atas ancaman Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba melontarkan peringatan yang tidak menyenangkan kepada NATO atas ancaman Rusia. Menurutnya kota-kota di sisi timur NATO bisa senasib dengan Avdiivka dan Bakhmut di Ukraina yang hancur.

Peringatan ini muncul tak lama setelah Swedia menjadi anggota terbaru aliansi tersebut.

“Jika Presiden Rusia Vladimir Putin bergerak untuk menyerang negara-negara Baltik yang juga anggota NATO, Anda akan dengan berani membela rakyat Anda melawan musuh yang melampaui Anda baik dalam hal pengalaman dan kemampuan,” kata Kuleba kepada kantor berita Lithuania; ELTA, Senin (11/3/2024).

“Pada akhirnya, saya pikir NATO akan menang,” kata Kuleba. “Tetapi lihat Bakhmut, lihat Avdiivka—seperti inilah negara-negara Baltik setelah operasi tempur yang intens.”



Kota Bakhmut dan Avdiivka di Ukraina timur kini berada di bawah kendali Rusia. Bakhmut direbut pada Mei 2023, dan pasukan Ukraina mundur dari Avdiivka pada pertengahan Februari lalu.

Kedua kota tersebut telah hancur akibat pertempuran sengit yang berlarut-larut.

“Seperti inilah kota Anda nantinya. Tidak akan ada lagi Vilnius yang indah,” ujarnya, mengacu pada Ibu Kota Lithuania.

Beberapa negara NATO berada di Laut Baltik, termasuk Latvia, Estonia, dan Lituhania juga berbatasan dengan eksklave Rusia di Kaliningrad. Swedia juga terletak di Laut Baltik, dan menjadi anggota terbaru NATO akhir pekan lalu.

NATO telah memberikan bantuan militer senilai puluhan miliar dolar kepada Ukraina selama lebih dari dua tahun perang melawan Rusia. Namun aliansi tersebut, dan masing-masing negara anggotanya, sudah jelas bahwa NATO tidak melancarkan perang langsung dengan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)