alexametrics

Ini yang Perlu Diketahui jika Ingin Pendidikan di Spanyol

loading...
Ini yang Perlu Diketahui jika Ingin Pendidikan di Spanyol
Perwakilan Kedubes Spanyol dan Campus Spain saat menggelar konferensi pers tentang mudahnya studi sarjana dan pascasarjana di Spanyol. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Spanyol tak hanya unggul dalam tradisi sepak bolanya yang mendunia. Negara Matador itu juga layak menjadi tujuan pendidikan tinggi, baik S-1 maupun S-2.

Ada banyak alasan mengapa Spanyol bisa menjadi tujuan siswa-siswi Indonesia untuk studi di sana. Salah satunya fasilitas beasiswa yang bisa mencapai 80%. Hal ini terungkap dalam kegiatan bertajuk 'Studi di Spanyol' di Hotel Gran Melia Jakarta hasil kerja sama antara Kedutaan Besar Spanyol dan Campus Spain.

Kegiatan tahunan tersebut bertujuan untuk mempromosikan pendidikan dan universitas yang ada di Spanyol. Sekaligus menjelaskan lebih detail tentang program apa saja dan kesempatan yang ditawarkan bagi para murid di Indonesia.

"Perlu diingat bahwa Campus Spain merupakan institusi swasta dari Spanyol yang mendapatkan otoritas penuh dari pemerintah Spanyol dalam membantu murid-murid internasional dari seluruh dunia yang ingin melanjutkan studi di Spanyol," kata Gonzalo Martinez, Director of Campus Spain.



Gonzalo Martinez mengutarakan, Spanyol merupakan salah satu tujuan negara untuk melanjutkan pendidikan yang paling atraktif dan populer di kalangan mahasiswa-mahasiswi Indonesia. Tidak hanya itu, Spanyol merupakan salah satu negara yang paling aman dan paling banyak dikunjungi oleh pengunjung dari seluruh dunia.

Disebutkannya, pertumbuhan jumlah warga negara asing yang belajar di sana mencapai 7% setiap tahunnya. "Antusiasme dan perhatian masyarakat publik akan pentingnya kualitas pendidikan di negara EU (Uni Eropa), membawa kami selalu ingin memberikan program-program terbaik bagi murid di seluruh dunia. Beberapa tahun belakangan, banyak murid dari Indonesia yang ikut serta dalam program summer camp di Spanyol," bebernya.

Ditanya apa saja keunggulan dari sistem pendidikan di Spanyol, dia menjawab, antara lain banyak universitas di Spanyol terbaik di dunia dan Eropa, biaya tuitisi pendidikan yang sangat murah karena mendapat bantuan subsidi dan beasiswa dari pemerintah sampai dengan 80% untuk program sarjana dan pascasarjana, nilai lebih dari belajar bahasa internasional yaitu bahasa Spanyol sebagai 'bahasa untuk masa depan', dan biaya tempat tinggal di Spanyol sangat terjangkau dibanding negara tujuan populer lainnya.

?"Selain itu perlu diketahui bahwa studi di Spanyol berarti studi di negara kesatuan Eropa (EU), yang mendapat keuntungan seperti ijazah kuliah sangat direkognisi di negara EU lainnya, akses untuk mendapat beasiswa EU lebih luas, dan tidak perlu mengurus visa lagi jika mau wisata ke negara EU lainnya," papar Gonzalo Martinez.

Keuntungan lain dari belajar di Spanyol adalah kemudahan dalam mengurus seluruh dokumen kebutuhan studi dan visa pelajar, serta tidak membutuhkan tes tambahan lain seperti TOEFL, IELTS, ataupun GMAT. Campus Spain akan membantu seluruh proses formal dokumen dari awal hingga akhir.

"Campus Spain juga memfasilitasi program Espanol LCA (Spanish language, Culture & Adaption to University Course), yang merupakan bentuk kolaborasi dengan Universitas Vigo. Program ini sangat penting untuk diambil di tahun pertama murid internasional sebelum kuliah di Spanyol," ucap Dewi Puspasari, Managing Dir & Representative of Campus Spain - Indonesia Branch Office.

Dijelaskannya, banyak subjek dan mata kuliah di universitas negeri di Spanyol yang masih menggunakan bahasa pengantar yakni bahasa Spanyol.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak