Erick Thohir Dinilai Mampu Hambat Logistik Sandi di Pilpres 2019

Senin, 10 September 2018 - 14:49 WIB
Erick Thohir Dinilai Mampu Hambat Logistik Sandi di Pilpres 2019
Erick Thohir Dinilai Mampu Hambat Logistik Sandi di Pilpres 2019
A A A
SURABAYA - Penunjukan pengusaha Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin dinilai sebagai langkah yang tepat. Hal itu menunjukkan kejelian Jokowi dalam membaca situasi nasional kini dan beberapa bulan ke depan hingga Pilpres 2019.

Direktur Komunikasi Politik SCG Consulting, Aprizaldi mengatakan dari kacamata kebutuhan politik saat ini, sosok pendiri Mahaka Group itu mampu menjalankan tiga fungsi sekaligus. Pertama, memainkan fungsi penguatan infrastruktur politik, termasuk logistik.

Semua mengetahui bahwa Erick adalah pengusaha sukses. Keluarga Thohir adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia. Bersama sang kakak, Garibaldi Thohir, Erick mengendalikan banyak perusahaan kakap di Indonesia.

Pemilihan Erick juga berpotensi mengganggu sumber logistik Sandiaga. Ini karena antara Erick dan Sandiaga punya banyak irisan jaringan bisnis. ”Dari sisi komunikasi politik, Erick sosok yang komplit,” ujarnya, Senin (10/9/2018).

Kedua, lanjut dia, kemampuan membangun citra kandidat di kubu Jokowi pasca pemilihan KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Pemilihan tokoh NU itu oleh sebagian publik ditangkap sebagai upaya Jokowi mengamankan elektabilitasnya.

Salah satunya dengan merangkul kelompok Islam tanpa memerhitungkan kemampuan menjawab tantangan bangsa dalam beberapa tahun mendatang. Kiai Ma'ruf hanya dinilai sebagai tokoh agama yang oleh sebagian publik belum tentu cakap mengelola berbagai tantangan bangsa, terutama ekonomi.

“Sebagai Ketua TKN, Erick pasti berperan menonjol. Sehingga akan mampu merekonfigurasi citra kandidat, terutama dalam konteks menghadapi tantangan ekonomi. Erick bisa tampil berbicara banyak soal itu,” terangnya.

Selanjutnya, kemampuan Erick dalam memperkuat dan melegitimasi citra Jokowi sebagai seorang pekerja keras. Gelombang besar Asian Games yang sukses luar biasa menjadi momentum yang mengangkat nama Erick sebagai sosok yang bekerja keras di event tersebut.

"Erick juga pengusaha sukses dengan kerja-kerja yang luar biasa di dalam dan luar negeri. Jadi ini memperkuat asosiasi pekerja keras pada kubu Jokowi,” pungkasnya.

SCG Consulting adalah lembaga riset yang terlibat dalam sejumlah pemenangan kandidat politik, di antaranya Tri Rismaharini.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5273 seconds (0.1#10.140)