Di Akhir Masa Jabatan, Jokowi-JK Patut Perhatikan Beberapa Aspek Ini

Senin, 03 September 2018 - 19:46 WIB
Di Akhir Masa Jabatan, Jokowi-JK Patut Perhatikan Beberapa Aspek Ini
Di Akhir Masa Jabatan, Jokowi-JK Patut Perhatikan Beberapa Aspek Ini
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono mengungkapkan dalam sisa satu tahun masa jabatan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) perlu memerhatikan beberapa aspek salah satunya sektor layanan masyarakat.

"Pada survei sebelumnya menyentuh angka 70% dan saat ini menyentuh angka 50%. Persoalan lainnya adalah perlindungan HAM yang menurut responden puas di angka 50,2%, penciptaan lapangan kerja 47,9% dan pemenuhan kebutuhan pokok 41,4%," ujar Rudi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).

Rudi mengatakan persoalan tersebut bisa berdampak pada perekonomian di Indonesia. Oleh karenanya persoalan ekonomi harus lebih serius diperhatikan oleh Jokowi-JK.

"Mayoritas responden 50,4% menganggap kondisi ekonomi saat ini masih sama dengan lima tahun sebelumnya. Bahkan ada 16,7% yang menganggap situasi perekonomian buruk," jelasnya.

Mengenai kondisi perekonomian Indonesia saat ini jika dibandingkan dengan lima tahun lalu, para responden lebih banyak yang menyatakan jika kondisi ekonomi di Indonesia sama saja atau tidak mengalami perubahan sama sekali jika dibandingkan dengan lima tahun lalu.

"Responden yang menyatakan kondisi perekonomian lebih baik sebesar 29,3%, yang menyatakan ada atau tidak ada perubahan sebesar 54% dan yang menyatakan lebih buruk sebesar 16,7%," tuturnya.

Survei nasional Y-Publica dilakukan pada 13-23 Agustus 2018 menggunakan metode survei kuantitatif dengan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) di 34 provinsi di Indonesia.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan responden terpilih dengan menggunakan kuesioner. Margin of error (MoE) 2,98% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3912 seconds (0.1#10.140)