alexametrics

Tragedi Lombok sebagai Bencana Nasional

loading...
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, penanganan bencana Lombok tidak bisa lagi dengan birokrasi yang normal. Menurutnya, ada dua hal yang paling dibutuhkan Lombok dari pusat saat ini yakni regulasi, dan anggaran.

Melalui regulasi, status NTB bisa dijadikan bencana nasional Jika itu dilakukan ada badan rehabilitasi yang akan mempercepat pemulihan NTB. Dari sisi anggaran dia menyambut baik rencana pemerintah menyalurkan dana hingga Rp4 triliun.

Namun, penyaluran dana itu nanti tetap perlu birokrasi yang ringkas sehingga pembentukan kelembagaan nasional untuk bencana NTB dinilai sangat diperlukan.

Tarik menarik terkait penetapan status bencana nasional di tingkat pusat masih terus terjadi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana memberikan bantuan maksimal untuk meringankan penderitaan pengungsi.

Mereka saat ini terus berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya, memulihkan trauma, mengobati luka yang diderita, dan mengembalikan keceriaan anak-anak mereka.

Jika pun status bencana nasional belum diberlakukan hari ini atau besok, negara tetap perlu segera mengerahkan potensinya yang sangat besar dalam mengatasi penderitaan warga ini.

Terlampau remeh jika negara dengan kapasitasnya yang sangat besar sekadar bertindak menjadi penghimpun dan penyalur bantuan dari masyarakat atau lembaga.

Yang ingin dilihat saat ini adalah langkah taktis, cepat, tangkas. Langkah yang bisa memberikan harapan kepada warga bahwa derita yang dialaminya segera tertangani dengan waktu yang terukur.
halaman ke-1 dari 2
preload video
BERITA TERKAIT
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak