alexametrics

Pariwisata Bukan Alasan Gempa Lombok Tak Jadi Bencana Nasional

loading...
Pariwisata Bukan Alasan Gempa Lombok Tak Jadi Bencana Nasional
Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai, faktor pariwisata tidak bisa dijadikan alasan pemerintah urung menetapkan gempa bumi Lombok sebagai bencana nasional. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai, faktor pariwisata tidak bisa dijadikan alasan pemerintah urung menetapkan gempa bumi Lombok sebagai bencana nasional.

Pasalnya gempa bumi yang terus terjadi itu sudah banyak memakan korban, ratusan meninggal dunia. "Sangat tidak pantas dong masa hanya untuk kepentingan pariwisata," ujar Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Selain itu kata HNW, gempa bumi di Lombok itu telah mengakibatkan puluhan ribu rumah rusak. Kemudian kata dia, kondisi psikologi jutaan masyarakat bisa terganggu.

"Kemudian hanya dikorbankan untuk kepentingan pariwisata yang dalam tanda kutip itu kepentingan asing," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Maka itu, dia mendesak pemerintah segera menetapkan gempa bumi di Lombok sebagai bencana nasional. "Toh kawasannya berbeda. Kawasan pariwisata di daerah Senggigi dan ini adalah tempat yang lain," ucap HNW.

Menurut politikus kelahiran 8 April 1960 ini, para wisatawan mancanegara justru akan mengapresiasi Indonesia jika gempa Lombok ditetapkan sebagai bencana nasional.

"Mereka melihat Indonesia betul-betul aman, damai, hidup rukun, sehingga terjadilah sebuah empati yang begitu luar biasa, mungkin mereka malah semakin jatuh cinta dengan Indonesia, sekaligus membawa bantuan untuk warga terdampak gempa di Lombok," paparnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak