alexametrics

150 Pasien Ikuti Operasi Katarak dan Hernia Gratis oleh MNC Peduli

loading...
150 Pasien Ikuti Operasi Katarak dan Hernia Gratis oleh MNC Peduli
Ketua Harian MNC Peduli Syafril Nasution menyapa pasien katarak gratis yang digelar MNC Peduli Yayasan Jalinan Kasih bersama RS Telogorejo. Foto/SINDOnews/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih kembali bekerja sama dengan SMC RS Telogorejo Semarang menggelar bakti sosial operasi gratis. Kali ini dalam bentuk operasi hernia dan katarak bagi masyarakat kurang mampu di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Target peserta sebanyak 50 pasien hernia dan 100 pasien katarak. Sementara pelaksanaan operasinya akan dilakukan secara bertahap hingga akhir September 2018. Untuk kegiatan hari ini dijadwalkan operasi sejumlah 50 pasien katarak dan tiga pasien hernia oleh tim dokter spesialis berpengalaman.

"Saya masih menunggu antrean. Ini sudah sekira satu tahun terakhir kalau melihat seperti tertutup kabut. Jadi agak kabur gitu. Sudah dikasih obat tetes mata tapi tetap sama belum ada perubahan," ujar Fadilah, penderita katarak asal Kendal saat mengantre di RS Telogorejo Semarang, Sabtu (18/8/2018).

Harapannya untuk kembali bisa melihat dengan jelas akhirnya menemukan titik cerah setelah mendapat kabar tentang operasi katarak gratis yang digelar MNC Peduli Yayasan Jalinan Kasih bersama RS Telogorejo. Dia pun segera melengkapi berkas kelengkapan administrasi ke pemerintah desa sebagai syarat pendaftaran.

"Saya enggak ada pungutan biaya apapun, semua gratis. Sampai di rumah sakit ini juga enggak ada pungutan. Makanya saya ucapkan sangat terima kasih kepada MNC Peduli dan RS Telogorejo yang telah memperhatikan rakyat kecil," terangnya diamini pasien lainnya Suyanto asal Kaliwungu Kendal.

Para peserta baksos dari kalangan masyarakat prasejahtera ini tidak hanya berasal dari Semarang, namun juga beberapa kota dan kabupaten di sekitarnya seperti Kendal, Wonosobo, Jepara, Boyolali, Magelang, Demak, dan Rembang. Banyaknya peserta yang mendaftar menunjukkan kegiatan ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperoleh akses pengobatan.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyampaikan pesannya melalui Ketua Harian MNC Peduli Syafril Nasution, bahwa operasi hernia dan katarak di Semarang Jawa Tengah ini merupakan kegiatan sosial yang sudah dilakukan kesekian kalinya digelar. Bakti sosial ini merupakan bentuk nyata MNC Peduli untuk membantu masyarakat kurang mampu.

“Program kesehatan seperti ini, memberikan dampak positif dan berjangka panjang ke masa depan peserta baksos, sehingga tujuan yang ingin dicapai oleh MNC Peduli bisa tercapai. Dan bahkan agar kegiatan ini dapat dirasakan secara meluas, untuk tahun 2018 ini saja, MNC Peduli sudah melaksanakan kegiatan seperti ini di berbagai wilayah Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, NTT, dan masih terus menyiapkan untuk daerah lainnya khususnya untuk operasi sumbing bibir maupun langitan. Adapun untuk operasi katarak, dalam waktu dekat kita juga akan buka pendaftaran di Sukabumi Jawa Barat dan Malang Jawa Timur," ucap Syafril Nasution.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan RS Telogorejo, Haryanto Halim, yang turut hadir dalam pembukaan acara bakti sosial mengatakan pihaknya berterima kasih kepada MNC Peduli Yayasan Jalinan Kasih, yang terus bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Menurutnya, sudah ribuan orang yang merasakan manfaat kegiatan sosial yang rutin digelar secara periodik tersebut.

"Tentu kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada MNC Peduli atas kerja sama selama ini. Sekaligus dalam kesempatan kali ini pula kami ingin mengusulkan agar kegiatan sosial ini terus dikembangkan untuk mengatasi kelainan bawaan lahir lainnya. Misalnya hydrocephalus, parkinson, atau bahkan jantung. Kita punya alat dan dokter ahli, makanya nanti dari MNC bisa membantu dari sisi lainnya," ujar Haryanto.

Adapun kerja sama MNC Peduli dengan SMC RS Telogorejo dalam bentuk operasi massal hampir setiap tahunnya diadakan secara rutin sejak 2012 yang dimulai dengan bantuan operasi bibir sumbing. Kemudian, dilanjutkan dengan operasi katarak dan hernia yang semuanya mendapat respon positif dari masyarakat.

Untuk penerimaan donasi dari pemirsa/masyarakat, dapat disalurkan ke rekening bankdibawah ini atas Nama : Yayasan Jalinan Kasih MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telp : 021-3983-6962, 021-3909-103, 021-3912-013 atau Facebook dengan akun "Yayasan Jalinan Kasih".
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak