alexametrics

KH Ma'ruf Amin Bicara Perdamaian di Pertemuan NU se-Dunia

loading...
KH Maruf Amin Bicara Perdamaian di Pertemuan NU se-Dunia
Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
MEKKAH - Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin didaulat menjadi pembicara kunci dalam pertemuan NU se-dunia di Mekkah Arab Saudi, Sabtu (18/8/2018). Dalam pertemuan tahunan kaum Nahdliyin itu, cawapres pasangan Joko Widodo di Pilpres 2019 ini akan memaparkan soal peran NU dalam perdamaian dunia sesuai dengan tema pertemuan yang dihadiri 36 Pengurus Cabang Istimewa NU di seluruh dunia.
 
"Kiai Ma'ruf akan memaparkan komitmen NU dalam perdamaian dunia serta perkembangan termutakhir mengenai kondisi bangsa kepada warga NU yang tersebar di seluruh dunia," ujar Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini kepada SINDOnews dan KORAN SINDO di sela sela menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Sejumlah tokoh nasional dijadwalkan hadir dalam pertemuan yang diikuti 2.000 warga Nahdliyin itu. Di antaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menristek Dikti Muhamad Nasir, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh, Dubes RI untuk Lebanon Chozin Chumaidy, dan Dubes RI untuk Azarbaijan.

Sedangkan dari jajaran PBNU akan hadir Khatib Aam Yahya Tsaquf, Rois Suriah KH Kafabih Mahrus, dan Wasekjen Masduki Baidlowi. Ustaz Yusuf Mansur dan sejumlah ulama terkemuka juga  bakal hadir di acara ini.

"Acara ini digelar rutin setiap tahun oleh PCI NU Arab Saudi bertepatan dengan musim haji. Tujuannya untuk mempererat silaturahmi antar NU yang tersebar di seluruh dunia," tegas Helmy.
Jadi, lanjut Helmy, para peserta pertemuan ini adalah aktivis NU di seluruh dunia. Acara ini akan dibuka oleh Sekjen PBNU dan diliput wartawan dari dalam dan luar negeri.

Acara akan diawali dengan pembacaan tahlil untuk para korban gempa Lombok serta doa kepada para pendiri Republik Indonesia dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 73 RI. Acara ini akan disiarkan langsung oleh INews TV mulai pukul 13.00 WIB.

Dalam acara tersebut, menurut Helmy, Lazis NU akan melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa di Lombok.
Pertemuan sehari ini juga akan merumuskan kesimpulan dan rekomendasi mengenai tema terkait maupun perkembangan ekonomi politik aktual di Tanah Air. Agenda lainnya, kata Sekjen PBNU adalah peluncuran Madrasah Kader NU.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak