Inilah Tempat yang Menjalani Puasa Ramadan 2024 Terpendek dan Terpanjang

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:17 WIB
loading...
Inilah Tempat yang Menjalani Puasa Ramadan 2024 Terpendek dan Terpanjang
Durasi puasa selama Ramadan erat kaitannya dengan panjang jam cahaya matahari, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh lintang geografis suatu lokasi tertentu. Inilah yang membuat durasi puasa setiap tempat berbeda-beda, ada yang pendek ada juga yang panjan
A A A
Tidak lama lagi, bulan suci Ramadan 2024 akan tiba dan umat Islam bersiap menyambutnya dengan suka cita. Perhitungan astronomi memprediksi bulan berpuasa akan dimulai pada 11 Maret 2024.

Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam , adalah waktu di mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Dilansir dari Gulf News, durasi puasa selama bulan Ramadan erat kaitannya dengan panjang jam cahaya matahari, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh lintang geografis suatu lokasi tertentu.

Negara-negara yang lebih dekat dengan Kutub Utara akan mengalami durasi puasa yang lebih lama. Sementara yang terletak lebih jauh di selatan dari khatulistiwa akan memiliki hari yang lebih pendek.

Untuk Ramadan 2024 , kota Porto Montt di Chili dijadwalkan memiliki hari puasa terpendek, dengan umat Muslim berpuasa selama sekitar 12 jam 44 menit. Sebaliknya, ibu kota Greenland, Nuuk, akan mengalami durasi puasa terpanjang, berlangsung sekitar 17 jam 26 menit.

Demikian informasi ini, semoga bermanfaat.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)