Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Melanda Sejumlah Wilayah hingga 4 Maret Mendatang

Kamis, 29 Februari 2024 - 07:29 WIB
loading...
Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Melanda Sejumlah Wilayah hingga 4 Maret Mendatang
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang bisa melanda sejumlah wilayah Indonesia hingga 4 Maret 2024 mendatang. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang bisa melanda sejumlah wilayah Indonesia hingga 4 Maret 2024 mendatang.

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi oleh adanya aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua dalam sepekan ke depan.



Sementara itu gelombang atmosfer Kelvin diprediksi aktif di wilayah Nusa Tenggara Timur dan Maluku dalam sepekan ke depan. “Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/2/2024).

Selain itu, BMKG mengungkapkan daerah konvergensi terpantau memanjang dari Selat Makassar, perairan selatan Sulawesi Selatan, Laut Flores, Laut Banda, hingga Laut Arafuru, perairan barat Sumatera Barat, Lampung, dan Kalimantan Barat. Serta daerah konfluensi di Jawa dan Nusa Tenggara.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” tulisnya.

BMKG melaporkan berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di sebagian wilayah Pesisir Barat Sumatra, Jawa, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“Faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan. Pada sepekan ke depan di wilayah Pesisir Barat Sumatra, Jawa, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, dan Papua berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” imbau BMKG.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat hingga 4 Maret 2024 mendatang:

Tanggal 29 Februari-1 Maret 2024
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)