7 Pilihan Bahan Kaus yang Adem, Apa Saja?

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:11 WIB
loading...
7 Pilihan Bahan Kaus yang Adem, Apa Saja?
Bahan kaus yang adem cocok untuk dikenakan di iklim tropis. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Bahan kaus yang adem cocok untuk dikenakan di iklim tropis. Salah satu bahan yang sudah sangat populer dijadikan sebagai kaus adalah cotton alias katun.

Untuk membuat material ini, tenunan benang disisir terlebih dulu, selanjutnya dihaluskan agar benang-benang pendeknya tidak berserakan. Dengan cara ini, dihasilkan material tenunan berkualitas tinggi.

Tak katun, masih ada sejumlah bahan kaus lainnya yang juga digunakan untuk bahan pembuatan kaus. Berikut tujuh rekomendasi bahan kaus yang adem dipakai di iklim tropis.

1. Cotton Combed

Kaus berbahan cotton combed sudah sangat populer di Indonesia. Bahan ini juga bahan yang paling sering diolah menjadi kaus-kaus distro, kaus polos, dan kaus-kaus yang dijual di toko kaus terdekat. Cotton combed itu terbuat dari 100% katun, sehingga bahan ini sangat menyerap keringat.

Di cuaca yang panas, bahan ini sangatlah cocok karena kemampuannya dalam menyerap keringat tersebut. Selain itu, bahan cotton combed sangat lembut dan adem di kulit lho! Tahukah kamu jika cotton combed itu banyak jenisnya?

Cotton combed dibagi menjadi 3 berdasarkan ketebalannya, yaitu: 20s, 24s dan 30s. Jenis Cotton combed 20s adalah yang paling tebal dibandingkan cotton combed 24s dan cotton combed 30s.


2. Cotton Bamboo

Cotton bamboo atau katun bambu adalah kombinasi dari 30% katun dan 70% serat tumbuhan bambu. Katun bambu bisa menyerap keringat dengan sangat baik dan adem di kulit karena mengandung katun. Komposisi serat bambu ini menyebabkan bahan ini lebih sejuk dibandingkan cotton combed.

Selain itu, bamboo cotton punya beberapa keunggulan dibandingkan cotton combed, antara lain punya sifat anti-bakteri, lebih ringan dipakai dan lebih premium. Untuk kamu yang punya kulit sensitif, bahan ini adalah bahan yang kami rekomendasikan. Tentu dengan kualitas yang lebih unggul dari cotton combed menjadikan harga bahan cotton bamboo lebih mahal dibandingkan cotton combed.

3. Cotton Viscose

Cotton viscose atau katun viscose memang tidak populer layaknya cotton combed dan cotton bamboo. Meski demikian, jenis katun ini tidak kalah bagusnya. Bahan katun rayon viscose terbuat dari 55% katun combed dan 45% viscose. Komposisi katun di dalamnya menyebabkan katun viscose ini mampu menyerap keringat dengan sangat baik.

Selain itu, bahan ini juga sejuk di kulit. Keunggulan katun viscose dibandingkan 2 jenis katun sebelumnya adalah kemampuan menyerap warna yang lebih bagus, sehingga warna bahan ini cemerlang. Bahan ini juga tidak mudah rusak alias tahan lama. Dengan keunggulan tersebut, ternyata katun viscose termasuk ke bahan yang tergolong murah, lho. Jadi kamu bisa membeli bahan ini tanpa perlu membuat kantong kering.

4. Modal Cotton

Modal cotton termasuk bahan kaus premium. Katun ini memiliki komposisi 50% katun dan 50% serat kayu beechwood. Sama seperti bahan-bahan katun lainnya, modal cotton punya daya serap keringat yang sangat baik. Serat kayu beechwood menjadikan modal cotton lebih adem di kulit, antibakteri dan tahan lama.

5. Linen

Linen diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dari katun. Pasalnya, soal ketahanan linen memiliki daya tahan 30% lebih besar daripada katun. Selain itu, material ini juga mempunyai daya serap keringat yang lebih tinggi dan tetap nyaman dipakai di segala musim, termasuk musim panas.

Material ini terbuat dari serat tumbuhan sehingga sangat aman buat orang yang punya alergi. Terlebih, keberadaan materialnya dipercaya sudah cukup lama, yakni sejak zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia, tepatnya 6.000 tahun sebelum Masehi.

6. Polyester

Polyester atau PE terbuat dari senyawa kimia terephthalic acid dan ethylene glycol. Kelebihan polyester di antaranya adalah mudah dibersihkan, tidak mudah menyusut, dan teksturnya lembut sehingga nyaman dipakai. Jika Anda punya alergi, polyester bukanlah bahan yang direkomendasikan untuk dipakai. Kalau pun ingin tetap memakainya, maka harus dipakai secara hati-hati.

7. Rayon

Rayon adalah salah satu jenis bahan yang sering dijumpai di Indonesia. Sebutan lain adalah sutera buatan karena karakteristiknya sekilas mirip sutera. Material ini memiliki harga terjangkau dan sering dipakai sebagai bahan pembuat pakaian untuk para atlet. Hal ini karena rayon memiliki daya serap keringat yang baik dan sifatnya lentur.

Itulah empat bahan kaus yang adem dipakai di iklim tropis. Dapatkan kaus dan produk kebutuhan fashion lengkap di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips, dan review produk kebutuhanmu.

Petang ini ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)