Bingung Studi di Pendidikan Tinggi? Simak 4 Kelebihan Politeknik daripada Universitas Berikut Ini

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:18 WIB
loading...
Bingung Studi di Pendidikan Tinggi? Simak 4 Kelebihan Politeknik daripada Universitas Berikut Ini
Salah satu kelebihan politeknik dibanding universitas adalah banyak praktik daripada teori karena politeknik merupakan pendidikan vokasi. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 kelebihan politeknik dibanding universitas yang perlu diketahui calon mahasiswa. Saat ini jenjang pendidikan tinggi di Indonesia beragam jenisnya mulai dari universitas, politeknik, sekolah tinggi, hingga akademi.

Dari sejumlah jenjang itu, universitas dan politeknik paling banyak diminati. Apa kelebihan dan kekurangan keduanya? Artikel kali ini secara khusus akan membahasnya, simak ya!

4 Kelebihan Politeknik daripada Universitas


1. Ilmu lebih spesifik


Jika kamu pilih politeknik, maka di politeknik menawarkan disiplin ilmu lebih spesifik. Maka calon mahasiswa bisa pilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

Politeknik sebenarnya menyerupai SMK namun pada tingkat pendidikan lebih tinggi. Artinya, ketika para mahasiswa menempuh pendidikan di sana, mereka akan diberikan ilmu yang langsung berkaitan dengan pekerjaan pada bidang tersebut.

Contohnya jika kamu minat terhadap bidang teknologi multimedia, maka ada baiknya memilih politeknik yang menawarkan jurusan tersebut dengan lulusan berkualitas terbaik serta handal di bidangnya.

2. Banyak praktik daripada teori


Karena pendidikan vokasi, maka akan lebih banyak praktik dibanding teori. Sebab pendidikan vokasi pada perguruan tinggi ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja.

Di politeknik, kamu akan mendapatkan berbagai ilmu melalui praktik baik di studio, laboratorium, maupun lapangan. Ini sangat cocok bagi kamu yang lebih menyukai praktik langsung daripada banyak belajar teori.

Di universitas, mahasiswa biasanya akan menerima lebih banyak teori. Sedangkan porsi praktiknya lebih sedikit dibanding kuliah di kelas. Kelebihan politeknik ini perlu menjadi pertimbangan penting.


3. Asah berbagai soft skill


Saat berada di dunia kerja, maka akan dituntut punya keterampilan teknis (hard skill). Akan tetapi, memiliki keterampilan non teknis (soft skill) juga tidak kalah pentingnya, dari cara berpikir kreatif, leadership skill, problem solving, dan sebagainya.

Adapun salah satu kelebihan politeknik yang patut diperhatikan yaitu institusi pendidikan ini bukan hanya mengajarkan keterampilan teknis. Lebih dari itu, di politeknik kamu akan mempelajari beragam keterampilan non teknis.

Contohnya mahasiswa pada jurusan animasi tidak hanya mempelajari cara atau teknik-teknik dalam membuat motion graphic, menggambar karakter, atau membuat model 3D, namun juga akan diajak untuk mengasah kreativitas.

Jika belajar di politeknik, mahasiswa mampu menciptakan karya animasi yang juga memiliki alur cerita yang original dan menarik. Banyaknya praktik yang dilakukan dapat memicu kreativitas serta kemampuan berinovasi tinggi.

4. Siap terjun dunia kerja


Sedangkan kelebihan politeknik daripada universitas yang terakhir ialah kuliah politeknik akan lebih siap terjun di dunia kerja. Ini karena pendidikan yang diperoleh, mulai dari teori, praktik dengan porsi lebih banyak, hingga softskill tentu para lulusan politeknik lebih siap menghadapi dunia kerja.

Para mahasiswa politeknik umumnya memiliki pengalaman lebih dalam hal bekerja secara nyata. Karena sudah lebih dulu mengenal serta akrab dengan atmosfer kerja sejak kuliah. Jadi, hal ini adalah bekal penting bagi kamu ketika nanti berada di lingkungan kerja sebenarnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)