Ini Trik Tata Ruang Tamu Tanpa Sofa

Senin, 13 Agustus 2018 - 17:02 WIB
Ini Trik Tata Ruang Tamu Tanpa Sofa
Ini Trik Tata Ruang Tamu Tanpa Sofa
A A A
JAKARTA - Apa yang terpikirkan saat ditanya tentang komponen utama apa yang sebaiknya ada di dalam sebuah ruang tamu? Kemungkinan besar adalah sofa tamu. Sekarang, bagaimana jika ada hal baru yang sebaiknya Anda ketahui bahwa ruang tamu bisa lepas dari sofa?

Berikut sejumlah cara ciptakan ruang tamu dengan pengganti sofa:

1. Kursi malas

Konsep melantai saat ini kembali digemari karena kesan santai dan cozy yang berhasil dihadirkan. Jika ingin menerapkan konsep santai di ruang tamu, pertimbangkan untuk menggunakan kursi lesehan alias kursi malas di rumah.

Misalnya, bisa diatur sudut kemiringan sandaran punggung untuk menyesuaikannya dengan gaya duduk Anda. Anda dapat membeli kursi lesehan model ini dengan mudah melalui online shop di antaranya Dekoruma yang menyediakan kursi lesehan beraneka motif.

2. Window seat

Window seat masih belum banyak dikenal di Indonesia, tapi di Eropa dan negara lainnya, window seat ini sudah banyak diaplikasikan. Window seat merupakan tempat duduk yang menempel dengan jendela di rumah. Biasanya, window seat ini terletak di sudut ruangan atau di titik di mana jendela berada. Tentunya hal ini harus sesuai dengan desain rumah yang dimiliki saat ini.

Window seat terbuat dari kayu yang direkatkan pada dinding bawah jendela untuk kemudian dijadikan alas duduk. Bagian bawahnya bisa dijadikan ruang penyimpanan tambahan di ruang tamu. Agar semakin nyaman, bagian atas dari dudukan ini bisa ditambahkan busa dan bantal warna-warni yang semarak. Untuk menjaga privasi, pastikan jendela sudah dikaburkan pandangannya, misalnya dengan memberikan kaca es atau stiker bening.

3. Beanbag

Beanbag adalah sarung besar yang berisi butiran dakron atau kapas dan bisa digunakan sebagai alas duduk. Penggunaan beanbag dirasa lebih nyaman dan membawa suasana ke arah yang lebih santai. Tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna, beanbag bisa menjadi opsi pertama untuk menggantikan keberadaan sofa di ruang tamu.

4. Hammock

Hammock merupakan ayunan yang terbuat dari kain dan tali. Beberapa jenis hammock malah hanya terbuat dari rangkaian tali saja. Meski begitu, hammock didesain sedemikian rupa agar bisa menahan beban tubuh manusia dewasa. Sebelum beralih ke hammock, pastikan memiliki tiang atau struktur bangunan yang kuat untuk mengaitkan talinya.

Memasang hammock bisa menimbulkan suasana khas Bohemian jika menyukai konsep kehidupan kaum Gipsy yang populer dengan kebebasannya. Selain hammock, bisa menambahkan beanbag juga di sekitarnya untuk jumlah tamu yang lebih banyak.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3097 seconds (0.1#10.140)