6 Cairan Paling Berbahaya di Dunia yang Mampu Membunuh Tanpa Tinggalkan Jejak

Selasa, 27 Februari 2024 - 12:16 WIB
loading...
6 Cairan Paling Berbahaya di Dunia yang Mampu Membunuh Tanpa Tinggalkan Jejak
6 Cairan Paling Berbahaya di Dunia . FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Cairan kimia paling mematikan di dunia yang pernggunaanya bergantung pada volume yang digunakan bagi para pelaku kejahatan.



Para ahli kimia telah mengungkap keberagaman zat kimia yang ada di alam, memungkinkan kita untuk memahami unsur-unsur dan senyawa kimia serta memanfaatkannya dalam berbagai bidang, termasuk pengobatan.

Meskipun banyak zat kimia aman dan bermanfaat bagi manusia, ada beberapa cairan paling berbahaya di dunia yang dapat menyebabkan kematian.

Berikut adalah 6 cairan paling berbahaya dan mematikan di dunia:

1. Chlorine Trifluoride

Chlorine trifluoride, atau sering disebut syri dalam tabel kimia dianggap sangat berbahaya karena dapat meledak jika terkena udara.

Aromanya juga berbahaya dan dapat membahayakan manusia jika tidak sengaja terhirup. Pemakaian syri bersama alat penyembur api bahkan dapat mencapai suhu hingga 2400° Celsius, sehingga para ilmuwan Jerman menolak menggunakannya sebagai senjata pada Perang.

2. Edo Site


Edo Site yang juga dikenal sebagai situ inforteen dalam tabel kimia adalah bahan kimia yang sangat mudah meledak karena atom nitrogen di dalamnya bergerak dengan bebas, menghasilkan ledakan besar.

Meskipun diciptakan pada tahun 2010 oleh ilmuwan Jerman dengan bantuan militer Amerika, penemuan ini segera dikecam karena setetes saja bisa mematikan.

3. VX


Cairan VX adalah salah satu zat paling mematikan di dunia. Cairan ini tidak berbau dan tidak memiliki rasa, dan saat ini hanya digunakan untuk tujuan perang.

Penggunaannya dilarang, tetapi beberapa militer masih menyimpannya sebagai senjata. Paparan VX dapat menyebabkan kematian secara instan jika terkena kulit atau gangguan pernapasan jika terhirup.

4. Batrachotoxin


Batrachotoxin adalah racun yang digunakan oleh suku Indian di Amerika Selatan untuk berburu. Racun ini berasal dari katak di Kolombia barat.

Dosis kecil hanya 2 mikrogram per kilogram, sudah cukup untuk menyebabkan kematian. Racun ini juga dapat menyebabkan gagal jantung.

5. Fluorin

Fluorin adalah unsur kimia yang sangat reaktif, bereaksi dengan hampir semua unsur kecuali argon, neon, dan helium.

Para ahli kimia memerlukan waktu lama untuk mengisolasi fluorin karena sifat korosifnya. Gas fluorin dapat membakar air, logam, dan kaca.

6. Mercury

Air raksa juga dikenal sebagai merkuri adalah unsur kimia yang menguap pada suhu kamar dan dapat terhirup dengan mudah.

Paparan merkuri dapat menyebabkan gangguan tidur, kelumpuhan, dan kerusakan organ. Densitas yang tinggi membuat benda berat mengapung di atasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3611 seconds (0.1#10.140)