Soroti Sirekap Tak Optimal, Waketum Perindo: Banyak Kejanggalan Terjadi di TPS

loading...
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah merespons tak munculnya dan seolah-olah ditutupi data Partai Perindo pada aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) KPU.

Aplikasi Sirekap tidak optimal sehingga terjadi banyak kejanggalan yang terjadi di banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Tujuan penting Sirekap adalah rekam data, informasi cepat kepada publik, dan alat memotong mata rantai manipulasi pada proses rekap berjenjang. Namun, ternyata Sirekap tidak optimal dilakukan khususnya poin ketiga malah seakan-akan Sirekap menjadi bahan terjadinya banyak kejanggalan yang terjadi di banyak TPS," ujar Ferry, Senin (26/2/2024).

Ferry yang maju sebagai Caleg DPR Dapil Jawa Barat I itu mengatakan Partai Perindo tengah melakukan proses pengumpulan data dan pencermatan melalui Sirekap. "Didapati data yang tidak jelas dan ditutupi," ucapnya.

Dia meminta KPU sebagai penyelenggara pemilu 2024 transparan dan riil perihal data hasil pemungutan suara yang ada pada C1 atau C hasil plano apa adanya.

"Diharapkan jangan memunculkan ruang ketidaktransparanan sehingga dikhawatirkan muncul prasangka manipulasi yang terjadi. Alhasil tidak sesuai dengan tujuan awal," kata Ferry.

Dia menyarankan Sirekap dihentikan terlebih dahulu untuk pembenahan sistem dan perihal masalah input data. "Tentunya sambil mengawal proses rekap secara berjenjang mulai dari PPK di kecamatan," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)