alexametrics

Sepuluh Pertimbangan Memilih Tempat Kursus untuk Anak

loading...
Sepuluh Pertimbangan Memilih Tempat Kursus untuk Anak
Sepuluh Pertimbangan Memilih Tempat Kursus untuk Anak
A+ A-
Setiap orang tua tentu ingin anaknya mendapatkan pendidikan sebaik mungkin. Salah satu cara yang ditempuh orang tua adalah memasukkan anaknya ke tempat kursus. Maraknya tempat kursus membuat orang tua perlu cermat memilih tempat kursus terbaik bagi sang buah hati. Berikut 10 pertimbangannya menurut survei Litbang KORAN SINDO.

01. Kualitas Pendidikan
Kualitas tempat kursus menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Orang tua perlu melakukan survei sebelum memutuskan untuk memasukkan anakknya ke lembaga tertentu. Kualitas pengajar dan kurikulum sangat menentukan kualitas pendidikan yang diberikan.



02. Hasil Lulusan
Pertimbangan pemilihan kursus juga bisa dilatarbelakangi kualitas lulusan siswa-siswa yang pernah belajar dari lembaga tersebut. Sedikit banyak data yang bisa didapat soal kualitas lulusan, maka hal ini bisa semakin menguatkan keputusan orang tua.

03. Kredibiltas Lembaga
Sebagai sebuah lembaga pendidikan, faktor kredibilitas lembaga juga diperlukan untuk memastikan tempat kursus atau bimbel tersebut terpercaya. Kredibilitas ini juga penting dijadikan acuan untuk menghindari adanya tempat kursus ecek-ecek.

04. Biaya
Faktor biaya kursus tentu menjadi hal penting untuk diperhatikan. Meskipun tidak dimungkiri jika lembaga kursus bagus biasanya dipatok dengan harga cukup mahal. Tapi dengan banyaknya pilihan lembaga kursus saat ini, banyak pula alternatif lembaga yang bisa dipilih sesuai kemampuan finansial Anda.

05. Sesuai Kebutuhan Anak
Sebelum mendaftarkan anak ke tempat kursus atau bimbel, perhatikanlah karakter anak dan kebutuhannya terlebih dahulu. Beberapa responden memilih untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada lembaga tempat kursus. Bahkan mereka juga melibatkan pendapat anak mengenai tempat kursus yang diinginkan.

06. Lokasi
Lokasi tempat kursus yang berada di tempat strategis memiliki nilai tambahan tersendiri. Hal ini tentu membantu bagi orang tua yang bisa menunggu anaknya belajar sambil berjalan-jalan. Lokasi di tengah kota tentu bisa dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Selain itu, tempat kursus yang dekat dengan restoran atau jajanan memudahkan anak untuk mengisi perut kosong sebelum belajar atau di waktu istirahat.

07. Sistem Belajar

Saat ini sudah banyak terdapat lembaga pendidikan non formal yang menawarkan berbagai metode pendidikan. Sebelum memutuskan, maka orang tua idealnya mencari tahu juga mengenai kurikulum atau metode pengajaran di tempat kursus. Kurikulum dengan metode pengajaran yang tepat akan membawa anak pada prestasi yang kita inginkan.

08. Fasilitas Tempat Kursus
Fasilitas tempat kursus ini juga menjadi hal penting untuk diperhatikan karena memiliki andil penting dalam proses belajar-mengajar. Saat ini tempat kursus sudah menggunakan AC (air conditioner) untuk mendukung kenyamanan belajar bagi anak. Perhatikan pula berapa lantai yang dimiliki dengan tangga atau lift di sebuah tempat kursus. Kenyamanan bisa membantu proses belajar mengajar lebih mudah tanpa gangguan teknis.

09. Jarak dari Rumah ke Tempat Kursus
Memilih tempat kursus yang berada tidak jauh dari lokasi rumah Anda adalah yang terbaik. Selain menghemat waktu, juga memudahkan anak pergi ke tempat kursus. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, jika anak sudah cukup besar, anak bisa pergi dan pulang sendiri tanpa perlu diantar oleh orang tua.

10. Rekomendasi

Kualitas sebuah lembaga kursus bisa diketahui melalui rekomendasi orang lain. Semakin banyak rekomendasi positif, maka kemungkinan bahwa lembaga tersebut kredibel semakin besar.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak