10 Bidang Pekerjaan Jurusan IPS dengan Gaji Besar, Hukum hingga Aktuaria

Senin, 26 Februari 2024 - 14:16 WIB
loading...
10 Bidang Pekerjaan Jurusan IPS dengan Gaji Besar, Hukum hingga Aktuaria
Profesi sebagai pengacara menjadi pekerjaan lulusan hukum yang menjadi salah satu bidang lulusan jurusan IPS (Soshum) dengan gaji besar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 bidang pekerjaan jurusan IPS dengan gaji besar yang perlu diketahui. Saat ini masih ada sebagian masyarakat yang menilai lulusan jurusan IPA (Sanitek) lebih menjanjikan dibanding lulusan jurusan IPS (Soshum).

Benarkah demikian? Tidak sepenuhnya benar karena saat ini banyak lulusan jurusan IPA yang memiliki profesi atau pekerjaan dengan gaji besar. Artikel kali ini akan secara khusus membahas daftar pekerjaan lulusan IPS dengan gaji besar. Apa saja? Simak uraiannya ya!

10 Bidang Pekerjaan Lulusan Jurusan IPS dengan Gaji Besar


1. Manajemen dan Bisnis


Buat kamu yang pengen jadi entrepreneur atau pebisnis sukses, jurusan bisnis dan manajemen ini sangat cocok buat kamu karena termasuk ke jurusan IPS dengan gaji tinggi. Jurusan kuliah IPS ini selalu saja ramai peminatnya karena prospek karier ke depannya bisa dibilang cemerlang.

Jurusan ini juga cocok untuk yang suka belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya. Selain itu, kamu bisa merintis karier di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

2. Ekonomi Pembangunan


Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pembangunan dari sektor bisnis, keuangan, maupun perbankan. Nantinya mahasiswa juga akan belajar tentang analisis pembangunan dari sektor perekonomian.

Selama kuliah, mahasiswa akan dipersiapkan untuk bisa terjun ke dalam bidang perencanaan pembangunan ekonomi, termasuk di dalamnya untuk berperan dalam pembangunan negara dan kesejahteraan bersama.

Selain bisa kerja di perusahaan/startup atau menjadi ahli ekonom, kamu juga memiliki peluang menjadi peneliti, pengusaha, research and development, dll.

3. Kriminologi


Jurusan IPS dengan gaji tinggi selanjutnya adalah jurusan Kriminologi. Di jurusan kriminologi, kamu akan mempelajari soal faktor yang menjadi pendorong timbulnya kejahatan dan faktor lain yang melingkupinya.

Jadi, jangan heran kalau studi yang akan dipelajari ialah soal ilmu lain seperti sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, biologi, antropologi, politik, hukum, hingga tentang jurnalistik. Biasanya, lulusan dari jurusan Kriminologi banyak dibutuhkan di Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan.

Tapi, kamu juga memiliki beragam pilihan karier di berbagai lembaga seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), hingga Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).

Baca juga: Ini 10 Jurusan IPS dengan Peluang Kerja dan Gaji Tinggi

4. Psikologi

Jurusan IPS dengan gaji tinggi selanjutnya adalah jurusan Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Tidak jarang jika nanti profesi ini bisa dianggap sebagai cenayang karena bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog.

5. Hubungan Internasional


Jurusan kuliah IPS dengan gaji tinggi yang pertama adalah Hubungan Internasional. Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan kuliah IPS yang paling bergengsi. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Jenis pekerjaan yang bisa dipilih setelah lulus dari jurusan kuliah anak IPS yang satu ini juga sangat beragam dan tentunya bergaji lumayan tinggi meskipun masih berada di entry level. Umumnya, lulusan Hubungan Internasional bekerja menjadi seorang Diplomat dan menempatkan diri di Kementerian Luar Negeri RI.

Selain itu, masih ada banyak pilihan karir yang bisa kamu coba seperti Politisi, Eksportir, Konsultan Pendidikan, Bagian Tata Usaha Perdagangan Luar Negeri, dan beragam pilihan karier lainnya.

6. Hukum


Jurusan Hukum juga bisa masuk ke jurusan IPS dengan gaji tinggi. Sesuai sama nama jurusannya, mahasiswa juga akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan sistem hukum dan kehidupan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)