4 Ketua Umum Parpol di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin

Senin, 26 Februari 2024 - 13:52 WIB
loading...
4 Ketua Umum Parpol di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf Amin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna yang membahas persiapan Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024) pagi. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Sebanyak empat ketua umum partai politik (parpol) kini tercatat menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju . Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi yang terakhir masuk kabinet ini.

Kabinet Indonesia Maju adalah kabinet pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kabinet ini terdiri atas 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang yang diumumkan pada 23 Oktober 2019 dan dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Seiring perjalanan waktu, terjadi beberapa kali perombakan menteri di kabinet ini. Terakhir, AHY dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional pada 21 Februari 2024.

Sebelum AHY, ada tiga sosok ketua umum parpol yang menjadi menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Siapa saja mereka? SINDOnews ulas profil singkatnya di artikel ini.

4 Ketum Parpol di Kabinet Indonesia Maju

1. Airlangga Hartarto
4 Ketua Umum Parpol di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin

Airlangga Hartarto. Foto/Dok MPI

Airlangga Hartarto merupakan ketua umum Partai Golkar. Pria yang lahir di Surabaya pada 1 Oktober 1962 ini menjadi orang nomor satu di Golkar sejak 2017, menggantikan Setya Novanto yang tersangkut kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Posisi Airlangga di Golkar semakin kuat setelah dia terpilih secara aklamasi dalam Munas Partai Golkar di Jakarta pada Desember 2019. Artinya, masa jabatan Airlangga sebagai ketum Partai Golkar akan berakhir pada Desember 2024.

Di sisi lain, Airlangga menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak awal Kabinet Indonesia Maju terbentuk. Pada pamerintahan sebelumnya, Airlangga merupakan Menteri Perindustrian (2016-2019).

2. Prabowo Subianto
4 Ketua Umum Parpol di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin

Prabowo Subianto. Foto/Dok MPI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)