Mandi Malam Bisa Menyebabkan Penyakit Rematik? Ini Kata Dokter

Minggu, 25 Februari 2024 - 09:00 WIB
loading...
Mandi Malam Bisa Menyebabkan Penyakit Rematik? Ini Kata Dokter
Mandi malam dipercaya bisa menyebabkan penyakit rematik sehingga tak sedikit orang yang menghindarinya. Namun, ini hanya mitos dan tidak terbukti secara ilmiah. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Mandi malam dipercaya bisa menyebabkan penyakit rematik sehingga tak sedikit orang yang menghindarinya. Namun, anggapan ini hanya mitos dan tidak terbukti secara ilmiah.

Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi dr. Andi Raga Ginting mengatakan bahwa mandi malam tidak menyebabkan penyakit rematik . Hal ini hanya mitos lantaran sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya.

"Nggak usah dipercaya ya. Itu cuma mitos kok. Sampai saat ini nggak ada penelitian ilmiah yang membuktikan mandi malam bisa menyebabkan kamu bakal kena rematik," kata dr. Andi dikutip dari akun Instagram pribadinya, @andiragagt, Minggu (25/2/2024).

Mandi malam sendiri tidak secara langsung menyebabkan penyakit rematik. Rematik merupakan istilah umum yang merujuk pada sejumlah kondisi yang memengaruhi sendi, otot, tulang, atau jaringan lunak di sekitarnya.



Mandi Malam Bisa Menyebabkan Penyakit Rematik? Ini Kata Dokter

Foto/Infografis SINDOnews

Namun demikian, kondisi lingkungan yang terkait dengan mandi malam, seperti suhu yang dingin atau kelembaban tinggi, bisa mempengaruhi gejala artritis atau kondisi rematik tertentu. Beberapa orang dengan penyakit rematik merasa bahwa perubahan cuaca atau paparan suhu dingin dapat memperburuk gejala.

"Yang benar tuh, suhu dingin di malam hari apalagi kalau mandinya dengan air dingin atau perubahan suhu yang tiba-tiba itu bisa memperburuk nyeri sendi pada orang yang sudah punya kondisi masalah di sendinya," jelasnya.

"Ataupun dia emang udah kena penyakit rematik. Tapi bukan berarti mandi malam itu bisa menjadi penyebab utamanya," lanjutnya.

Sementara itu, penyebab penyakit rematik bisa bermacam-macam. Termasuk faktor genetik, usia, aktivitas fisik, cedera, dan faktor lingkungan. Mandi malam sendiri memberikan perasaan rileks dan membantu mengurangi stres, tetapi secara langsung tidak terkait dengan perkembangan penyakit rematik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)