Koalisi Jokowi Rancang Strategi Pemenangan

Rabu, 01 Agustus 2018 - 13:35 WIB
Koalisi Jokowi Rancang Strategi Pemenangan
Koalisi Jokowi Rancang Strategi Pemenangan
A A A
BOGOR - Partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai merancang strategi pemenangan pada pemilu mendatang.
Strategi ini akan digunakan saat kontestasi lima tahunan tersebut dimulai. Dalam rangka membahas strategi itu, Jokowi mengundang sekretaris jenderal (sekjen) dari partai-partai pendukung.

Di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen NasDem Johnny G Plate, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

“Yang pasti pertemuan itu untuk menindaklanjuti pertemuan para ketua umum. Dalam rangka mengerucutkan konsolidasi politik para pendukung Pak Jokowi. Lalu, para sekjen diminta membuat langkah operasional pemenangan untuk memperkuat di partai masing-masing,” kata Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, sesuai pertemuan di Grand Garden Kebun Raya Bogor, kemarin.

Rofiq mengatakan, ihwal yang bersifat teknis juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pemenangan Jokowi. “Jadi, tadi sampai misalkan akan ada pelatihan kampanye antarpartai. Akan ada misalnya forum Jokowi Center.

Jadi, banyak langkah-langkah teknis yang akan dilakukan partaipartai ini,” tuturnya. Selain itu juga dibahas peran para calon legislatif dalam pemenangan. Seperti diketahui pelaksanaan pilpres akan diselenggarakan bersamaan dengan pileg. Maka itu, peran partai dalam pilpres kali ini sangat vital.

“Selanjutnya kami juga membahas bahwa pilpres ini bersamaan dengan pileg. Kalau ada relawan-relawan itu silakan karena bagian dari pilihan masing-masing. Tapi, partai itu menjadi perangkat yang besar untuk pemenangan,” katanya.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa Partai Perindo akan mengerahkan struktur yang ada untuk pemenangan Jokowi. Hal ini sebagaimana hasil rapimnas bahwa Partai Perindo telah memutuskan untuk berkoalisi dengan Jokowi.

Dengan begitu, Jokowi akan menjadi spirit pemenangan di setiap langkah-langkah politik partai. “Dengan struktur yang dibangun oleh partai, tentu saja ini yang akan menjadi modal politik bagi Partai Perindo untuk pemenangan.

Sekaligus seluruh caleg yang sudah menjadi bagian dari Partai Perindo juga akan bekerja untuk pemenangan Pak Jokowi,” ungkapnya. Rofiq mengatakan, konsolidasi ini harus dilakukan dalam waktu sangat cepat sebab koalisi ini bersepakat tidak hanya ingin menang di pilpres, tetapi juga di pileg.

Sebab, pileg juga harus menjadi bagian dari kemenangan besar koalisi ini. “Kalau hanya menang presiden, di pileg berkurang, maka akan menjadi hambatan. Nah, tentu tidak ada ketegangan dalam proses. Semua bergembira. Semua menyimpulkan bahwa ke depan Indonesia akan lebih baik jika pasangan ini nanti menang,” kata Rofiq.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan tersebut berlangsung serius, tapi santai. Senada dengan Rofiq, pertemuan tersebut membahas langkah-langkah strategis yang harus dilakukan partai pendukung. “Kami juga membahas tim kampanye. Bagaimana tim kampanye mengingat pileg dan pilpres tetap berjalan serentak. Kami sepakat untuk sepenuhnya memastikan jalan kemenangan untuk rakyat kepada Pak Jokowi,” ucapnya. Dia mengatakan, para sekjen nanti akan menjabarkan pertemuan tersebut secara teknis.

Setelah itu akan ditindaklanjuti di partai politik masing-masing. “Intinya, seluruh parpol dengan pertemuan para ketua umum yang dilanjutkan para sekjen, sudah membahas sampai tahap detail strategi operasional pemenangan Presiden,” tuturnya.

Hasto mengatakan, setiap partai memiliki peran dan kekuatan yang strategis. Termasuk juga bahwa setiap caleg akan berperan dalam pemenangan pilpres mendatang. Apalagi, setiap partai memiliki caleg rata-rata berjumlah 21.000 orang. “Ini merupakan ga bungan yang khusus. Kekuatan media kuat, daratnya punya caleg mencapai 21.000, sehingga ini kekuatan yang sangat efektif,” pungkasnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6826 seconds (0.1#10.140)