10 Sekolah Kedinasan yang Lulusannya Langsung Kerja, Masa Depan Aman

Rabu, 21 Februari 2024 - 06:42 WIB
loading...
10 Sekolah Kedinasan yang Lulusannya Langsung Kerja, Masa Depan Aman
Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menjadi salah satu Sekolah Kedinasan di mana lulusannya bisa langsung kerja usai lulus. foto/ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 Sekolah Kedinasan yang lulusannya bisa langsung kerja. Sekolah kedinasan merupakan salah satu alternatif melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Program ini menawarkan peluang langsung kerja usai lulus. Sekolah Kedinasan apa saja? Artikel kali ini akan membahas deretan Sekolah Kedinasan yang lulusannya bisa langsung kerja, simak ya!

10 Sekolah Kedinasan yang Lulusannya Bisa Langsung Kerja


1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)


Sekolah kedinasan ini dulunya dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). PKN STAN berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK), Kementerian Keuangan.

PKN STAN menyediakan program D3 dan D4 dengan berbagai program studi. Pilihannya akuntansi, kebendaharaan negara, pajak, hingga manajemen keuangan negara.

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)


STIN merupakan sekolah kedinasan yang terletak di Bogor, Jawa Barat, dan berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). STIN membuka program pendidikan S1 hingga S3 dengan berbagai prodi. Contohnya agen intelijen, analisis intelijen, cyber intelijen, dan teknologi intelijen.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


IPDN adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri dan berlokasi di Sumedang, Jawa Barat. IPDN membuka beberapa fakultas. Semisal Fakultas Politik Pemerintahan, Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat. Lulusan IPDN bisa bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintahan daerah.


4. Akademi Militer (Akmil)


Akmil adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Pertahanan. Mereka melatih taruna dan taruni menjadi perwira TNI Angkatan Darat (AD) berpangkat letnan dua. Kampus Akmil berada di Magelang, Jawa Tengah. Pendidikan yang tersedia adalah program D4 setara S1 dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

5. Akademi Kepolisian (Akpol)


Akpol merupakan sekolah kedinasan yang mencetak perwira polisi dan langsung bekerja untuk Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Kampus Akpol berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, dan menyediakan pendidikan vokasi D4.

6. Akademi Angkatan Laut (AAL)


AAL termasuk salah satu sekolah kedinasan yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Mereka mencetak lulusan perwira TNI Angkatan Laut (AL) berpangkat letnan dua. AAL memiliki program Diploma 4 dan berbagai prodi, seperti Manajemen Pertahanan Matra Laut, Teknik Mesin Kapal Perang, dan Teknik Elektronika Kapal Perang.

7. Akademi Angkatan Udara (AAU)


AAU adalah sekolah kedinasan yang berlokasi di Yogyakarta. Pendidikannya berupa prodi Teknik Aeronautika Pertahanan, Teknik Manajemen Industri Pertahanan, dan Teknik Elektronika Pertahanan. AAU mencetak perwira yang bisa langsung bekerja di bawah naungan TNI Angkatan Udara (AU).

8. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)


STIK ialah sekolah kedinasan di bawah Lembaga Pendidikan Polri. STIK membuka program pendidikan S1 hingga S3 dengan tujuan membikin perwira polisi yang berkompeten dan profesional.

9. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)


Poltek SSN berlokasi di Bogor dan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sekolah kedinasan ini membuka program D4 dengan dua jurusan, Jurusan Kriptografi dan Keamanan Siber, guna memenuhi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang siber dan sandi.

10. Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)


Sekolah kedinasan berikutnya yaitu Polstat STIS. Lokasinya terletak di Jakarta dan berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Polstat STIS membuka pendidikan program D3 dan D4 dengan beberapa jurusan. Lulusannya bisa langsung bekerja sebagai ASN BPS.

8 iIstansi yang Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024


1. Kementerian Hukum dan HAM

2. Kementerian Keuangan

3. Kementerian Perhubungan

4. Kementerian Dalam Negeri

5. Badan Intelijen Negara (BIN)

6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

7. Badan Pusat Statistik (BPS)

8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)