Danau Purba di Kanada Jadi Tempat Lahir Kehidupan di Bumi

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:02 WIB
loading...
Danau Purba di Kanada Jadi Tempat Lahir Kehidupan di Bumi
Kehidupan Bumi purba berasal dari danau di Kanada. FOTO/ DAILY
A A A
OSLO - Danau Kesempatan Terahir (Soda) di British Columbia, Kanada, menarik perhatian para ilmuwan karena tingkat fosfat pekatnya yang luar biasa tinggi, tertinggi yang pernah tercatat di perairan alami mana pun di Bumi.



Perairan dangkal danau ini mengandung campuran bahan kimia yang, menurut para peneliti, dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana kehidupan pertama kali muncul di planet kita.

Danau Kesempatan Terakhir terletak di atas batuan vulkanik dan memiliki kemiripan dengan danau kaya karbonat yang ada di bumi purba.

Para ilmuwan percaya bahwa danau-danau purba ini mungkin menjadi tempat lahirnya kehidupan, dan Danau Kesempatan Terakhir dapat menawarkan jendela untuk melihat kembali ke masa lalu dan mempelajari bagaimana kehidupan pertama kali terbentuk.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature ini dipimpin oleh David Catling, seorang profesor geosains di Universitas Washington.

Catling mengatakan bahwa danau ini menyediakan "laboratorium alami" yang unik untuk mempelajari asal usul kehidupan.

"Kami dapat mencari kondisi spesifik yang digunakan alam untuk mensintesis bahan penyusun kehidupan," kata Catling seperti dilansir dari Wion News, Minggu (18/2/2024).

"Kami pikir kami memiliki tempat yang sangat menjanjikan untuk asal usul kehidupan." tambahnya.

Temuan ini dapat membantu para ilmuwan memperluas pemahaman mereka tentang bagaimana kehidupan di Bumi dimulai dan mungkin memberikan petunjuk tentang kemungkinan kehidupan di planet lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3032 seconds (0.1#10.140)