Soal Kualitas Caleg Artis, KPU Percayakan kepada Parpol

Kamis, 19 Juli 2018 - 17:05 WIB
Soal Kualitas Caleg Artis, KPU Percayakan kepada Parpol
Soal Kualitas Caleg Artis, KPU Percayakan kepada Parpol
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Caleg) yang direkomendasikan partai politik (Parpol) untuk bertarung di pemilu legislatif (Pileg) 2019. Pencalegan ini juga banyak diminati kalangan artis yang banting setir dengan mencoba peruntungan menjadi politisi.

Meski kualitas caleg dari kalangan artis kerap menjadi perbincangan publik, namun tak sedikit parpol yang menggunakan popularitas mereka untuk mendulang suara. Dari informasi yang dihimpun, Partai Nasdem disebut paling banyak menjaring para publik figur ini.

Dimintai tanggapan terkait banyaknya artis yang ikut menjadi bakal caleg, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan meyakini parpol sudah melaksanakan mekanisme yang sesuai aturan dalam menempatkan calon anggota DPR dan DPRD.

"Itu semestinya sudah mempertimbangkan banyak hal, utamanya terkait kemampuan dan rekam jejaknya," ujar Wahyu di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Terkait kualitas seluruh bakal calon, Wahyu mengaku pihknya menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai termasuk caleg dari kalangan artis.

"Lah pada saatnya nanti, masyarakat kan yang akan menilai. Kemudian memilih melalui hak politiknya," ucap mantan Komisioner KPU Jawa Tengah ini.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3477 seconds (0.1#10.140)