alexametrics

Jokowi Diyakini Akan Pilih Sosok yang Bisa Tangkis Isu Negatif

loading...
Jokowi Diyakini Akan Pilih Sosok yang Bisa Tangkis Isu Negatif
Direktur Eksekutif The Political Literacy Institut, Gun Gun Heryanto (dua dari kanan) saat menjadi narasumber diskusi publik di Gedung SINDO, Jakarta, Rabu 18 Juli 2018. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai membutuhkan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang mampu menangkis isu negatif yang menyebut pemerintahannya tidak dekat dengan umat Islam.

Kriteria itu dinilai ada pada diri mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Direktur Eksekutif The Political Literacy Institut, Gun Gun Heryanto mengatakan, jika memilih Mahfud MD sebagai cawapres pada Pemilu 2019 maka dukungan kepada Jokowi dari kelompok Islam makin kuat.

Kehadiran Mahfud yang berlatar belakang santri dan dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU) serta Muhammadiyah diyakini dapat mendekatkan pemerintah dengan umat dan sekaligus menepis fitnah politik identitas.



“Problem pemerintahan Jokowi adalah isu berbasis muslim, maka tak heran keluar nama-nama seperti Mahfud MD yang dianggap masuk dalam lima besar cawapres Jokowi," kata Gun Gun di Gedung SINDO, Rabu 18 Juli 2018.

Menurut Gun Gun, Mahfud MD juga bisa menjadi jawaban dari alotnya komunikasi partai politik pendukung terkait figur cawapres Jokowi. Pasalnya, semua partai politik pendukung akan berebut kursi cawapres dengan harapan bisa menjadi capres pada Pemilu 2024.

Maka dari itu, Gun Gun menduga Jokowi dan parpol pendukungnya bakal memilih figur nonparpol yang bisa diterima semua pihak.“Orang yang bisa diterima semua partai, tapi bukan orang partai, maka Mahfud MD punya posisi strategis di situ,” kata Gun Gun.

Gun Gun menyampaikan, kelebihan Mahfud MD yang lainnya adalah menguasai hukum tata negara, berpengalaman jadi anggota DPR, dan pernah menjadi Menteri Pertahanan.

Jika kekhawatirannya adalah memerlukan figur yang menguasai isu ekonomi, Gun Gun menyarankan Jokowi menguatkan tim ekonominya dari kalangan profesional untuk menjadi menteri atau tim ekonomi.

“Mahfud MD bisa membantu Jokowi menyelesaikan masalah. Sekarang ini lebih pada bagaimana membuat dukungan itu loyal hingga waktu pemungutan suara,” ungkap Gun Gun.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak