Jokowi Pastikan Kenaikan Dukungan Operasional Babinsa Sudah Diterima

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:32 WIB
Jokowi Pastikan Kenaikan Dukungan Operasional Babinsa Sudah Diterima
Jokowi Pastikan Kenaikan Dukungan Operasional Babinsa Sudah Diterima
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi atas pengabdian dan kerja keras yang telah ditunjukkan seluruh Bintara Pembina Desa TNI AD (Babinsa) di Tanah Air. Ia memahami, Babinsa bersama dengan anggota Polri berada pada baris terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa), baik yang berada di lingkup kerja Kodam III Siliwangi maupun di seluruh penjuru Tanah Air atas pengabdian, dedikasi, dan kerja keras. Bersama-sama dengan anggota Polri menjalankan tugas negara, menjaga keamanan dan ketertiban terutama dalam mengamankan jalannya Pilkada beberapa minggu lalu sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai," ujar Jokowi di Hanggar Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, (17/7/2018).

Melihat tugas para Bintara yang selalu berada di pelosok desa dan keinginan pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme serta kesejahteraan para Babinsa, Jokowi memastikan kenaikan dukungan operasional bagi Babinsa sebagaimana yang pernah diumumkan presiden pada Juni lalu telah diterima para anggota di bulan Juli ini.

"Saya menaruh perhatian yang sangat besar pada peningkatan profesionalisme dan terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa. Setiap saya ke daerah bertemu dengan Babinsa selalu yang masuk ke telinga saya mengenai tunjangan kinerja Babinsa," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, sejak tahun lalu pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan anggaran bagi dukungan operasional Babinsa. Rinciannya, Babinsa tipe A dari Rp104.000 per bulan naik menjadi Rp900.000 per bulan. Babinsa tipe B dari Rp440 ribu per bulan sekarang menjadi Rp1.200.000 per bulan.

Sebanyak 4.505 anggota Babinsa yang hadir dalam pengarahan itu kemudian mengonfirmasi bahwa kenaikan besaran dukungan operasional sebagaimana yang disebutkan presiden sudah diterima sejak awal bulan Juli.

Jokowi menambahkan, kenaikan dukungan operasional ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan Babinsa yang berada di baris terdepan menjaga keamanan dan kedaulatan negara. "Karena saya tahu Babinsa berada pada barisan terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ikut menjaga ketertiban yang ada di desa-desa," kata Jokowi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)