Novel Baswedan Soroti Lemahnya Penegakan Hukum di Indonesia

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:16 WIB
Novel Baswedan Soroti Lemahnya Penegakan Hukum di Indonesia
Novel Baswedan Soroti Lemahnya Penegakan Hukum di Indonesia
A A A
JAKARTA - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyoroti lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Kelemhan itu berujung pada makin maraknya korupsi di Tanah Air.

"Praktik korupsi di Indonesia tidak berkurang, tapi kurang diceritakan. Masalah utamanya ada di penegakan hukum," kata Novel dalam diskusi bertajuk Mencari Capres Anti Korupsi di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Novel mengatakan, lemahnya penegakan hukum tercermin pada banyaknya kasus yang terbengkalai. Di dalamnya juga termasuk intimidasi dan tekanan terhadap penegak hukum.

"Coba cek, kasus di sektor sumber daya alam, apakah ada yang diselesaikan? Sudah ada berapa kasus intimidasi terhadap penegak hukum, berapa yang selesai?" ungkap Novel.

Novel menambahkan, lemahnya penegakan hukum akan menghambat pembangunan Indonesia. Pembangunan di sektor ekonomi, misalnya, tak akan sukses bila penegakan hukum lemah.

"Kita bisa lihat, siapapun bicara strategi pembangunan ekonomi. Tapi itu tak akan berguna bila penegakan hukum kendor," ucap Novel.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)