Daftar Bacaleg ke KPU, PSI: 45% Perempuan

Selasa, 17 Juli 2018 - 12:00 WIB
Daftar Bacaleg ke KPU, PSI: 45% Perempuan
Daftar Bacaleg ke KPU, PSI: 45% Perempuan
A A A
JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPR ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (17/7/2018).

PSI mendaftarkan sebanyak 575 bacaleg dari 80 daerah pemilihan."Kami sampaikan dari seluruh caleg yang maju dari PSI 65 persen usianya di bawah 45 tahun dan 45 persen adalah perempuan jadi satu dari dua caleg yang maju di PSI adalah perempuan," ujar Ketua Umum DPP PSI, Grace Natalie saat jumpa pers di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Grace mengakui penunjukan bacaleg sesuai mekanisme dan atuan yang telah ditentukan partainya berdasarkan pengundian nomor urut. Selain itu, Grace mengatakan, ada 20% bacaleg perempuan mendapatkan nomor urut satu.

Grace menegaskan seluruh bacaleg PSI bukan narapidana kasus korupsi. "Itu yang kita serahkan hari ini ke KPU. Mohon doanya terima kasih teman-teman," kata mantan presenter televisi ini.

Sementara itu, Ketua Bappilu PSI, Sumardy mengakui partainya memperhatikan kuota 30% perempuan dalam menjaring bacaleg. Jauh dari itu, partainya memiliki tradisi baru dalam penjaringan, yakni mekanisme pengundian untuk semua bakal calon yang memungkinkan semua calon memiliki kesempatan yang sama.

Selain itu, kata Sumardy, tradisi pengundian nomor urut juga menjadi bagian dari pendidikan politik kepada masyarakat. "Kemudian di level DPR pengurus-pengurus kami provinsi dan kabupaten kota saat menentukan nomor urut ikut melakukan undian jadi semua level ikut melakukan pengundian dan kami mengedukasi calon calon pemilih bukan karena bukan nomor tapi program kita," tuturnya. (Rakhmat)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)