alexametrics

KRI 2018, Tim Eros Surabaya Juara Kategori Robot Sepak Bola

loading...
KRI 2018, Tim Eros Surabaya Juara Kategori Robot Sepak Bola
Tim Eros dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berasih menjadi juara dalam gelaran lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 untuk kategori KRSBI Humanoid. Foto/Ist
A+ A-
YOGYAKARTA - Tim Eros dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berasih menjadi juara dalam gelaran lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 untuk kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid. Kontes yang digelar di Universitas Muhhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini berakhir Jumat (13/7/2018).

Tim Eros berhasil menekuk vs Barelang FC dari Politeknik Negri Batam (Polibatam) dengan skor 2-1. Dalam pertandingan yang berjalan selama 20 menit tersebut tim Eros berhasil membalik keadaan setelah sempat tertinggal 1-0 oleh Barelang FC. Pada babak kedua tim Eros berhasil menguasai lapangan dan berhasil membuat dua gol ke gawang lawan dan memenangkan pertandingan.

"Ini merupakan sebuah kemajuan bagi kami setelah pada 2016 dan 2017 lalu kami hanya berhasil mencapai posisi runner-up," ujarp Cipto Priambodo, salah satu anggota dari tim Eros.

Sementara itu dalam KRSBI Beroda yang merupakan salah satu kategori dari KRI Nasional 2018 berhasil melahirkan juara baru. URT-ROSO dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang berhasil keluar sebagai pemenang setelah bertanding melawan IRIS dari Universitas Negeri Yogyakarya (UNY) denga skor 3-1.

salah satu dewan juri Dr Ir Endra Pituarno menyebut kedua tim sama-sama kuat. Keduanya menggunakan set full automatic dalam pertandingan selama 6 menit dan 2 babak. Namun meski sama-sama kuat  Tim URT-ROSO yang beranggotakan 7 orang tim dengan 4 inti dan 3 mekanik ini berhasil keluar sebagai juara.  

“Ke depan kami akan meningkatkan kualitas robot kami dan harapannya kami dapat terus bersaing di tahun depan dan menjadi lebih baik lagi,” ujar Junido alah satu anggota tim URT ROSO.

KRI 2018 tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang akan digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pada gelaran ini lima macam robot bertemu dan saling beradu menunjukkan kemampuannya.

Kelima macam robot tersebut tergabung dalam lima divisi yang berbeda, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, serta Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Kontes robot ini digelar dari 10-13 Juli 2018, sebanyak 91 tim dari 48 univeristas turut serta dalam lomba ini.

Ketua panitia KRI 2018, Sri Atmaja P Rosyidi mengatakan terdapat lima kategori perlombaan yang memiliki tema yang berbeda-beda. “KRI 2018 memiliki lima kategori perlombaan yaitu KRAI, KRPAI, KRSBI Beroda, KRSBI Humanoid dan KRSTI. Selain itu, setiap kategori perlombaan memiliki tema masing-masing,” jelasnya. 
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak