alexametrics

Dekat dengan NU dan PKB, Mahfud MD Potensial Jadi Cawapres Jokowi

loading...
Dekat dengan NU dan PKB, Mahfud MD Potensial Jadi Cawapres Jokowi
Peneliti LIPI bidang Politik dan pemerintahan Indonesia, Prof Lili Romli menilai sosok Mahfud MD paling berpotensi menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Peneliti LIPI bidang Politik dan pemerintahan Indonesia, Prof Lili Romli menilai sosok Mahfud MD paling berpotensi menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019 dibanding Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi ataupun pengusaha Chairul Tanjung.

Menurutnya, Mahfud MD memiliki integritas yang tak diragukan di masyarakat. Selain itu, Mahfud MD dinilai dapat menarik simpati dari pemilih kalangan umat Islam.

"Dia (Mahfud MD) punya basis dukungan dari kalangan NU. Yang ketiga, dia juga dekat dengan PKB. Mungkin kelemahannya dia finansialnya kecil," ujar Romli yang ditemui usai mengisi diskusi ILUNI UI di Gedung Rektorat UI Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Romli menyebut Mahfud MD juga merupakan sosok Islam moderat yang disukai semua kalangan, misalnya Muhammadiyah maupun non Islam. Namun hingga saat ini menurut Romli, Jokowi juga masih menimbang-nimbang sosok lain untuk mendampinginya menuju Pilpres 2019.

"Memang ada beberapa kelemahan latar belakangnya (Mahfud MD) makanya Pak Jokowi kan mikir-mikir, hati-hati siapa, bisa blunder nanti bisa merugikan elektoral dia (Jokowi)," katanya.

Sebelumnya, Mahfud MD mengatakan dirinya tidak mau ambil pusing perihal digadang-gadang bakal cawapres Jokowi dari hasil beberapa survei. "Ya kita lihat sajalah. Saya sendiri tidak mengikuti dari awal sampai akhir, jadi berita kita nikmati sebagai berita," ujar Mahfud.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak