Fadli Zon: Menhan Lebanon Apresiasi Indonesia Mendukung Perdamaian

Jum'at, 13 Juli 2018 - 01:51 WIB
Fadli Zon: Menhan Lebanon Apresiasi Indonesia Mendukung Perdamaian
Fadli Zon: Menhan Lebanon Apresiasi Indonesia Mendukung Perdamaian
A A A
JAKARTA - Sejumlah anggota DPR melakukan kunjungan kerja ke Lebanon dan bertemu dengan Menteri Pertahan Lebanon Y.M. Yaacoub Saaraf. Pemerintah Lebanon menganggap pasukan Indonesia garda depan dalam menjaga perdamaian di kawan tersebut.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, Indonesia memiliki sejarah panjang berperan dalam perdamaian dunia di berbagai negara sejak 1957 atau hanya satu dekade setelah Kemerdekaan melalui Kontingen Garuda. Demikian pula di Lebanon, Indonesia sejak 2006 menjadi penjaga perdamaian di negara yang berbatasan langsung dengan Israel.

"Peran Indonesia ini diapresiasi para pejabat Lebanon. Bahkan pasukan Indonesia dianggap garda depan dalam menjaga perdamaian di kawan tersebut. Ini disampaikan Menteri Pertahanan Lebanon, Y.M. Yaacoub Saaraf," kata Fadli Zon di Kantor Kementerian Pertahanan Lebanon, Selasa waktu setempat (10/07/2018).

Fadli Zon memimpin delegasi sejumlah anggota DPR RI diantaranya Elnino M.Husein Mohi (Komisi I), Hj. Ratieh Sanggarwaty (Komisi X), Tubagus Soenmandjaja Roekmandis (Komisi III), Andika Pandu Puragabaya (Komisi I), Deding Ishak (Komisi VIII) dan didampingi Duta Besar Republik Indonesia untuk Lebanon, H.E. Achmad Chozin Chumaidy.

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Yaacoub Saaraf menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pasukan TNI sebagai komponen pasukan terbesar di UNIFIL dalam menjaga keamanan dan perdamaian di Lebanon. Menhan juga menyampaikan bahwa Indonesia adalah partner terbaik bagi Lebanon.

Indonesia dan Lebanon memiliki kesamaan latar belakang sejarah dan budaya. Keduanya juga memiliki kesamaan sikap menentang agresi dan penjajahan Israel. "Indonesia bisa berperan lebih besar menengahi konflik di Timur Tengah," kata Saaraf.

Menhan Lebanon menyampaikan ada dua masalah utama keamanan Lebanon saat ini yaitu ancaman terorisme di perbatasan, dan masalah pengungsi Suriah dan Palestina yang telah mencapai lebih dari 2 juta jiwa, atau lebih dari 1/3 penduduk Lebanon yang cuma berjumlah 4,5 juta jiwa. Ini menggerus sumber daya di Lebanon.

Meskipun badan urusan pengungsi PBB, UNHCR telah banyak membantu, namun belum cukup dan karena itu Yaacoub Saaraf sangat mengharapkan dunia internasional dapat membantu Lebanon mengatasi masalah yang cukup pelik tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Fadli Zon menyatakan bahwa ikut serta menjaga perdamaian dunia telah menjadi amanat konstitusi UUD 1945, karena itu Indonesia menyatakan siap dan tetap berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan PBB di bawah bendera UNIFIL untuk terus menjaga perdamaian di Lebanon, khususnya di wilayah selatan. Hingga kini Indonesia berkontribusi mendukung Lebanon melalui penempatan 1297 personel TNI dalam misi United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL).

Selain itu, DPR RI juga turut aktif mengkampanyekan perdamaian pada forum-forum internasional. Secara khusus DPR selalu menentang kekejaman Israel pada penduduk Palestina termasuk mengecam pemindahan Kedutaan Amerika di Yerusalem yang menimbulkan gejolak baru.

Menhan Lebanon, Yaacoub Saaraf sangat mengharapkan agar kerja sama Indonesia dan Lebanon lebih diperluas tak saja dibawah bendera UNIFIL namun juga mencakup kerja sama bilateral bidang hankam antara kedua negara, misalnya kerja sama dalam rangka penanggulangan terorisme yang telah mengancam banyak negara khususnya di Indonesia maupun di Lebanon. Selain kerja sama hankam, Menhan Lebanon juga berharap kedua negara dapat meningkatkan hubungan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, pariwisata, pendidikan dan infrastruktur.

Fadli Zon menyambut baik upaya memperluas kerja sama RI dan Lebanon untuk menanggulangi terorisme. "Indonesia perlu meningkatkan hubungan dengan Lebanon khususnya melalui Kementerian Pertahanan untuk mengkonkritkan beberapa bidang pertahanan antara kedua negara. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, punya beragam etnis dan agama, Indonesia cukup berhasil mengelola perbedaan melalui jalan demokrasi," ungkap Fadli Zon.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8900 seconds (0.1#10.140)