Jokowi Belum Kantongi Nama Cawapres

Kamis, 12 Juli 2018 - 02:02 WIB
Jokowi Belum Kantongi Nama Cawapres
Jokowi Belum Kantongi Nama Cawapres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui belum mengantongi nama calon wakil presiden (Cawapres) pendampingnya di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Hal itu diketahui dari hasil pertemuan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mochammad Romahurmuziy dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa 10 Juli 2018 malam. Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan bahwa pertemuan antara Romahurmuziy dengan Presiden Jokowi itu berlangsung mulai sekitar pukul 22.00 WIB.

"Memang dalam pertemuan itu Pak Jokowi minta pendapat dari Ketua Umum PPP terkait dengan perkembamgan reaksi publik terkait nama-nama Cawapres yang beberapa hari terakhir beredar," ujar Arsul Sani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Dalam pertemuan itu, kata Arsul, Romahurmuziy juga sempat menanyakan kepada Presiden Jokowi apakah sudah memilih satu dari sejumlah nama bakal Cawapres yang beredar belakangan ini. "Ternyata jawabannya belum, karena Pak Jokowi bermaksud ingin mengomunimasikan beberapa nama yang ada itu dengan para ketua umum partai," ujar anggota Komisi III DPR ini.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi berniat akan mengumpulkan semua ketua umum partai politik (Parpol) pendukung dalam waktu dekat untuk meminta pandangan mengenai Cawapres. Selain itu, kata dia, pertemuan antara Romahurmuziy dengan Presiden Jokowi itu juga membahas komposisi Parpol koalisi yang bakal mengusung petahana itu di Pilpres mendatang.

"Intinya akan segera difinalkan soal komposisi dari partai koalisi, baik bertambah atau tidak bertambah dari yang sudah ada. Lima Parpol yang ada di parlemen, bertambah atau tidak itu akan segera difinalkan," katanya.

Adapun jumlah nama bakal Cawapres yang dibahas Presiden Jokowi dengan Romahurmuziy (Romi) itu ada sepuluh orang. Namun, Arsul enggan membeberkannya. Kata Arsul, sepuluh nama itu adalah mereka yang belakangan ini diisukan. Diakuinya juga, tidak menutup kemungkinan ada nama lain di luar sepuluh bakal Cawapres itu.

"Tapi yang ingin saya tekankan bahwa yang disampaikan Jokowi kepada Romi adalah bahwa beliau belum memutuskan satu nama, sampai dengan tadi malam," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5672 seconds (0.1#10.140)