Sri Sultan HB X Terima Undangan Nyoblos dari KPU: Demokrasi Jadi Kebiasaan Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 16:48 WIB
loading...
Sri Sultan HB X Terima Undangan Nyoblos dari KPU: Demokrasi Jadi Kebiasaan Masyarakat
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menerima kunjungan dari KPU DIY dan Kota Yogyakarta pada Selasa (13/2/2024) di Kraton Kilen. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X berharap budaya demokrasi dapat tumbuh subur dan menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Pemilu adalah pelaksanaan dari demokrasi yang merupakan bagian dari aktivitas budaya.

Hal ini diungkapkan Sri Sultan HB X saat menerima kunjungan dari KPU DIY dan Kota Yogyakarta pada Selasa (13/2/2024) di Kraton Kilen, Yogyakarta.



Kedatangan KPU DIY maupun Kota Yogyakarta kali ini untuk mengantarkan undangan peserta Pemilu atas nama Sri Sultan HB X dan keluarga.



Menurut Sri Sultan, Pemilu seperti ini bukan sekedar aspek kedaulatan rakyat dan peristiwa politik. sebagai warga negara mengikuti Pemilu juga berarti melakukan perilaku budaya. Sri Sultan menganggap Pemilu ini peristiwa budaya. Maka, demokrasi juga bisa jadi budaya masyarakat DIY.

"Saya maunya demokrasi itu jadi kebiasaan masyarakat,” kata Sri Sultan.

Raja Keraton Yogyakarta ini menuturkan, budaya berpolitik maupun budaya demokrasi merupakan hak asasi manusia, di mana setiap pilihan bersifat bebas dan rahasia.



Kepada KPU DIY, Sri Sultan pun berharap dapat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu dengan sukses dan amanah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)